Sandiaga Uno: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata

Minggu, 17 Oktober 2021 - 13:43 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meresmikan revitalisasi toilet di Lembah Indah, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hari ini menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menparekraf memulai sambutannya dengan sebuah pantun:
Pergi Ke Malang Naik Kereta
Keretanya Bersih dan Juga Nyaman
Untuk Mendukung Revolusi Pariwisata
Revitalisasi Toilet Wisata Harus Terus Dilakukan

"Hari ini saya sangat bahagia, tersentuh, bahwa program kita yang sudah dijalankan dari awal tahun tentang Satgas Toilet Indonesia ," ujar Sandiaga Uno, Minggu (17/10/2021).



Sandiaga mengatakan, dengan inisiatif sendiri serta kemitraan dunia usaha, toilet wisata Lembah Indah Kabupaten Malang diresmikan. Di dua titik ini, sambung dia, toilet yanga ada berbeda dengan toilet lainnya karena ramah disabilitas dan memberikan keberpihakan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Di tengah pandemi Covid-19 yang mana masyarakat amat membutuhkan kunjungan wisatawan, kata Sandiaga, inisiatif ini patut diapresiasi. Pembangunan toilet wisata yang menggunakan pendekatan humanis, karena sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2016, itu menurutnya amat penting untuk meningkatkan kesan baik pada wisatawan.
Aplikasi dari UU tersebut, kata dia, adalah akses infrastruktur yang berkeadilan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan khususnya dari kaum disabilitas.

"Mudah-mudahan kita bisa bangkit di saat sulit, salam satu jiwa. Tadi saya sudah coba langsung menggunakan toilet yang standar dan melihat langsung yang disabilitas. Yang disabilitas ini dirancang memang jauh lebih luas agar mobilitas para penyandang disabilitas ini dapat terakomodasi terutama saat mereka harus menggunakan fasilitas mandi," ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga menyebut toilet di Lembah Indah ini memiliki pemandangan kelas dunia dan toiletnya berkelas internasional. "Jadi tidak usah jauh-jauh, berpartisipasi cukup di Lembah Indah Malang. Kami terus melakukan di saat yang sama secara serentak di beberapa titik di beberapa provinsi yang menjadi destinasi unggul wisata seperti di Bali, Danau Toba, Mandalika, Likupang, Labuhan Bajo, dan Borobudur juga kita sudah launching bersama-sama," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga kembali mengapresiasi partisipasi masyarakat dan Satgas Toilet Indonesia dalam mewujudkan revitalisasi toilet wisata ini. "Ini saya apresiasi. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Dan toilet yang bersih ini adalah yang terpenting," tegasnya.

Sandiaga mengatakan, bisa saja wisatawan mendapatkan pemandangan dan kenangan yang sangat indah di tempat wisata, namun hal itu kemudian sirna saat menggunakan toilet yang tidak bersih.

Sandiaga Uno mengaku optimis dengan semakin meningkatnya capaian vaksinasi Covid-19, ditambah penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dan dibarengi dengan pelonggaran PPKM maka sektor pariwisata akan semakin pulih dan bangkit menumbuhkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.



"Tadi di Desa Wisata Serang kunjungannya naik empat kali lipat dengan melandainya Covid-19. Kemarin kita di Desa Sanangkerto, naiknya hampir 35-40%. Jadi meskipun kita tetap harus waspada dan sangat fokus dengan penerapan protokol kesehatan, saya optimistis pariwisata akan kembali pulih. Saya titip ke Pak Kapolres, Pak Bupati, dan Pak Dandim, vaksinasi Covid-19 terus kita dorong, kita genjot, kita gas pol, kita gerak cepat, dan kita gerak bersama," pungkas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno kemudian menutup sambutannya dengan sebuah pantun:
Pergi Berburu Ke Dalam Hutan
Hati-hati Pada Binatang Berbisa
Ketersediaan Toilet yang Bersih, Aman, dan Nyaman
Akan Membawa Nilai Tambah yang Luar Biasa.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)