SSB Dukung Milenial Menyongsong Era Industri 4.0 di Masa Pandemi

Senin, 18 Oktober 2021 - 21:24 WIB
SSB Dukung Milenial Menyongsong Era Industri 4.0 di Masa Pandemi
PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB) mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha (entrepreneurship) masyarakat. Foto/Dok
A A A
SERANG - PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB) mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha (entrepreneurship) masyarakat. Hal itu dilakukan lewat program Corporate Social Responsibility ( CSR ) di bidang Pendidikan bertajuk 'Saya Senang Belajar'.

Program 'Saya Senang Belajar' ini salah satunya berkolaborasi dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang bertujuan untuk mengakselerasi moda pelatihan selama masa pandemi. Kegiatan dipusatkan selama 3 minggu di BBPLK Serang, sejak 28 September hingga 15 Oktober 2021.

Aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan secara hybrid, berupa kelas tatap muka secara langsung dan sesi daring (online) ini diikuti oleh 288 peserta dari seluruh pelosok Nusantara yang tersebar pada 3 jurusan pelatihan, yakni: Teknik Pengelasan, Teknik Listrik, dan Teknik Permesinan.

Baca Juga: Luncurkan Baja CNP, Krakatau Steel Incar Potensi Penjualan Rp100 M per Tahun



Direktur PT SSB, Johan Budisusetija menjelaskan, bahwa BBPLK Serang memiliki peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing di industri.

“Melalui program ini, kami ingin memberikan wawasan tentang kebutuhan industri baik kepada peserta pelatihan maupun kepada BBPLK Serang itu sendiri. Sinergi ini dapat membangun keselarasan antara kurikulum pendidikan dan kebutuhan dunia industri di berbagai wilayah Indonesia,” tuturnya.

Pelaksanaan program terbagi menjadi dua aspek pembelajaran, yaitu teori technical skills dan soft skill. Materi pembelajaran pada aspek technical skills meliputi pengenalan dan teori pengelasan, teori pengoperasian cutting tools dan hand tools machining, hingga teori pengaplikasian mesin CNC.

Sementara pembelajaran soft skill meliputi pengenalan core values perusahaan, penerapan 5S, pedoman keselamatan kerja, hingga praktik pemanfaatan teknologi otomasi di industri manufaktur.

Komitmen PT SSB yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM), yang bergerak di bidang rekayasa teknik dan manufaktur, khususnya pada industri ekstraktif dalam mempersiapkan SDM terbaik dari masyarakat ini disambut baik oleh kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Serang, Aan Subhan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1399 seconds (10.55#12.26)