Memberi Sentuhan Estetika dan Kenyamanan Rumah Lewat Fasad

Rabu, 22 April 2020 - 10:29 WIB
loading...
Memberi Sentuhan Estetika dan Kenyamanan Rumah Lewat Fasad
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik depan rumah atau fasad. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik depan rumah atau fasad. Wujud fasad bahkan bisa diartikan sebagai gambaran keinginan dan karakter penghuni rumah.

Dalam pembentukan sebuah fasad, kriteria estetis serta pertimbangan lain seperti lingkungan dan kondisi iklim sangat memengaruhi tampilan yang akan ditimbulkan. Pada pembuatan struktur fasad, tema dan kesesuaian dengan lingkungan, bentuk, warna, material, serta point of interest memberikan tampilan detail tertentu pada setiap sisinya.

Pengolahan setiap elemen pada bagian depan rumah, seperti dinding, teritisan, jendela, harus benar-benar diperhatikan agar fasad bisa tampil lebih menawan dan mewah.

“Tema fasad selalu disesuaikan dengan keberadaan lingkungan di sekitar rumah. Hal ini supaya fasad terlihat lebih menyatu dengan lingkungan sekitar,” tandas arsitek Haris Prabawa.

Anda pun pasti memiliki keinginan tampil berbeda. Untuk itu, saat ingin mengubahnya, Anda harus tetap memperhatikan keselarasan dengan keseluruhan area di sekitar rumah.

Untuk tampilan rumah mungil, ada baiknya utamakan memilih tema yang tidak rumit agar tetap terkesan luas dari depannya.

“Pengolahan bentuk fasad biasanya berdasarkan tema serta kondisi iklim dan lingkungannya. Sebisa mungkin gunakan bentukan berkanopi untuk meminimalisasi dampak panas dan tampias akibat curah hujan,” kata Haris.

Untuk tampilan rumah mungil, bentuk minimalis yang praktis bisa Anda jadikan pilihan. Sedangkan untuk rumah yang memiliki lahan luas cukup, pemilihan gaya fasad bisa disesuaikan dengan keinginan Anda dan bisa memberikan kreasi yang lebih ekspresif dari berbagai macam gaya, seperti klasik, tradisional, bahkan modern.

Anda juga bisa memberikan sentuhan trik tampilan fasad dengan memberikan sentuhan warna yang akan memberikan kesan tersendiri saat melihat tampilan hunian Anda. Pengolahan warna bisa memberikan kejutan bagi siapa pun yang mengamatinya. Warna juga bisa memberikan point of interest untuk sebuah rumah yang berada di kawasan tertentu.

“Saat ini warna minimalis sedang digemari untuk dipadupadankan dengan berbagai kombinasi material lain. Untuk tahun mendatang, kecenderungan memberikan warna yang lebih hidup akan menjadi tren,” papar Haris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0770 seconds (0.1#10.140)