UMKM Diajak Lihat Peluang Rebut Pasar Lokal Sambut New Normal

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:50 WIB
loading...
UMKM Diajak Lihat Peluang Rebut Pasar Lokal Sambut New Normal
Para pelaku UMKM diajak untuk terus optimis menghadapi new normal ini, dimana salah satu peluangnya adalah supply produk dari negara-negara lain ke Indonesia pasti berkurang. Ini saatnya menguasai pasar lokal. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan memulai tatanan kehidupan baru atau yang disebut new normal, usai Pandemi COVID-19. Komunitas Tangan Di Atas (TDA) yang beranggotakan para pengusaha UMKM dengan jumlah mencapai puluhan ribu di seluruh Indonesia menyambut antusias new normal.

Mulai 1 Juni 2020 sebagian besar daerah sudah membuka wilayahnya kembali untuk mengakhiri PSBB. Pemerintah juga sudah membuka sebagian besar tempat-tempat bisnis.

Disampaikan Direktur Edukasi TDA Rizki Rahmadianti yang juga owner Rira Clothing, pihaknya telah melaksanakan TDA launching program #TDASambutNewNormal tepat 1 Juni 2020, setelah sebelumnya selama 3 bulan penuh menjalankan program #TDATanggapCorona.

“Divisi kami siap menyajikan materi-materi edukasi apa yang harus dilakukan oleh UMKM menyambut new normal ini. Baik tentang penyesuaian model bisnis, cara kerja hingga peluang-peluang baru yang justru sangat banyak karena tatanan dunia yang berubah,” terang Rizki Rahmadianti.

Konten-konten tersebut terang dia, akan dikemas menjadi program yang menarik berbasis edutainment yang menghibur namun mendidik. Konten-konten ini dapat dinikmati oleh semua UMKM Indonesia yang ingin belajar bisnis di era new normal, sehingga tidak terbatas hanya untuk member TDA saja.

Sambung Direktur TDA TV Fico Maulana menambahkan, divisinya juga sudah menyiapkan segala infrastruktur yang memungkinkan siaran live setiap hari dengan masa uji coba sebulan penuh di bulan Juni 2020 ini untuk live setiap hari jam 19.30.

“Kami akan mengangkat konten menarik di siaran setiap harinya dengan konten yang berbeda-beda. TDA TV akan live di Facebook Page TDA dan Youtube streaming,” jelasnya.

Presiden TDA Donny Kris Puriyono menyatakan, bahwa menjelang new normal ini akan banyak peluang-peluang baru yang bisa dikerjakan. Dan banyak juga masalahmasalah baru yang datang. Justru disitulah peluangnya ada. Menurutnya, bagi pebisnis masalah itu adalah peluang yang bisa diselesaikan dan menghasilkan profit.

“Saya mengajak member TDA dan juga para pelaku UMKM untuk terus optimis menghadapi new normal ini. Sebuah kelebihan yang dimiliki UMKM adalah lebih gesit dalam merubah model bisnis sekaligus lebih adaptif dibanding perusahaan-perusahaan besar. Selain itu di era New Normal ini, masih banyak supply and demand yang tidak berimbang,” jelas Donny.

Salah satu peluangnya ungkap Donny, adalah supply produk dari negara-negara lain ke Indonesia pasti akan berkurang. Ini adalah peluang untuk menggenjot produksi dalam negeri dan menguasai pasar lokal sebelum produk-produk asing mulai datang kembali

Diketahui, TDA telah melaksanakan program #TDATanggapCorona yang telah dijalankan dengan membuat edukasi “Business Continuity Plan series” atau tema tentang menjalankan bisnis di masa pandemi yang dilaksanakan setiap Senin, Rabu dan Jumat di Instamram @officialTDA dengan menghadirkan pembicara dibidangnya.

Selain itu #TDATanggapCorona juga telah menyalurkan bantuan 14.000 APD atau senilai Rp. 1 Milyar rupiah sekaligus mengajak member TDA di bidang konveksi untuk turut memproduksi APD ini. Ini adalah program donasi sekaligus mempertahankan supaya member TDA di bidang konveksi masih terus bisa dapat omset dan tidak mem PHK karyawannya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0573 seconds (0.1#10.140)