Pengen Naik Pangkat, Ribuan PNS Ikut Anugerah ASN 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 - 13:50 WIB
loading...
Pengen Naik Pangkat, Ribuan PNS Ikut Anugerah ASN 2021
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggelar ASN 2021. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) akan menggelar Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021. Di mana pendaftarannya telah ditutup pada 16 Oktober 2021 lalu.

Tercatat sebanyak 1.621 usulan ASN yang terdaftar dalam ajang yang digelar keempat kalinya ini. Setiap tahunnya, para pemenang Anugerah ASN yang berhasil terpilih menjadi tiga terbaik dalam tiap kategori, berhak mendapat penghargaan berupa Piala Adhigana, sertifikat, uang tunai, serta yang tidak kalah penting adalah kenaikan pangkat luar biasa.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur KemenPANRB Alex Denni mengungkapkan animo ASN, instansi pemerintah, maupun masyarakat untuk berpartisipasi dalam Anugerah ASN 2021 cenderung meningkat tiap tahunnya.

“Ini menunjukkan semakin banyak sosok ASN yang inspiratif dan inovatif. ASN yang bangga melayani bangsa sesuai bidang tugasnya masing-masing dimanapun dia ditempatkan,” katanya dalam siaran persnya, Kamis (21/10/2021).



Dari 1.621 pendaftar terdiri atas 85 usulan ASN pada kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, 158 usulan ASN pada kategori PPT Pratama Teladan, 1.029 usulan ASN untuk kategori ASN Inspiratif, serta 349 usulan ASN untuk kategori The Future Leader.

Usulan ini meningkat dibandingkan pada 2020 yakni sebanyak 945. Dengan rincian 732 usulan PNS Inspiratif, 71 usulan PPT Teladan, dan 142 usulan The Future Leader.

"Tahun ini kenaikan jumlah usulan cukup signifikan, terutama pada kategori PPT Pratama Teladan dan The Future Leader yang meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Alex mengakui akibat masifnya data usulan yang masuk, calon pendaftar sempat tidak bisa mengakses website pendaftaran karena terjadi gangguan pada server.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para calon pendaftar yang tempo hari mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran Anugerah ASN di hari terakhir, ” tutur Alex.

Sebanyak 1.621 usulan ASN saat ini telah masuk pada Seleksi Tahap I. Pada tahapan ini, Tim Seleksi Tahap I Anugerah ASN akan memvalidasi persyaratan administrasi yang sebelumnya sudah diunggah oleh calon kandidat melalui website siana.menpan.go.id. Nantinya akan dihasilkan shortlist dari masing-masing kategori Anugerah ASN 2021.



Alex selaku Ketua Pelaksana Anugerah ASN 2021 menegaskan setiap tahapan seleksi dilakukan secara objektif berdasarkan persyaratan administrasi yang telah ditetapkan serta sesuai dengan kriteria penilaian keteladanan. Kriteria penilaian yang dimaksud antara lain, inspiratif, inovatif dan dampak, leadership, kemampuan komunikasi, dan kolaborasi.

Setiap tahunnya, para pemenang Anugerah ASN yang berhasil terpilih menjadi tiga terbaik dalam tiap kategori, berhak mendapat reward berupa Piala Adhigana, sertifikat, uang tunai, serta yang tidak kalah penting adalah kenaikan pangkat luar biasa.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)