Diisukan Akan Akuisisi Bank Mayora, Saham BBNI Melesat

Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:41 WIB
loading...
Diisukan Akan Akuisisi Bank Mayora, Saham BBNI Melesat
Pergerakan saham BBNI meningkat signifikan seiring kabar akuisisi Bank Mayora. Foto/Dok SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) diisukan akan mengakuisisi bank kecil sebagai langkah awal untuk masuk ke bank digital. Bank kecil yang dimaksud adalah PT Bank Mayora.

Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Reza Priyambada mengatakan, adanya isu tersebut membuat pergerakan saham BBNI meningkat signifikan meskipun diikuti dengan adanya aksi ambil untung atau profit taking.

"Luar biasa pergerakannya (saham BBNI). Meski kenaikannya diikuti dengan adanya aksi ambil untung, namun terlihat tren kenaikannya," ujar Reza kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (21/10/2021).



Di sisi lain, kata Reza, isu tersebut tidak memberikan dampak terhadap saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR) selaku pemilik Bank Mayora, karena menurutnya BBNI dan MYOR berada di sektor yang berbeda.

"Kelihatannya nggak banyak pengaruhnya, MYOR di consumer, yang rencana mau diakuisisi kan bankya. Mungkin pelaku pasar bisa perhatikan BBNI, terkait dengan upaya restrukturisasi kreditnya dan strategi pengembangan di Bank Mayora kalau jadi diakuisisi," tuturnya.

Dengan maraknya emiten perbankan masuk ke ekosistem bank digital, Reza menyebut hal tersebut tidak otomatis membuat saham sektor perbankan terus eksis dan harus diiringi dengan kinerja.

"Karena kebetulan saham-saham bank itu market cap leader maka terlihat mempengaruhi. Tapi, sebenarnya ya balik lagi ke masing-masing emiten dan sahamnya," ucapnya.



Dilihat melalui RTI pada penutupan perdagangan hari ini saham BBNI menguat Rp100 atau 1,38 persen ke Rp7.325 per saham dengan 70,39 juta lembar saham diperdagangkan, transaksi perdagangan mencapai Rp517,17 miliar, dan market cap Rp136,60 triliun.

Selama sebulan terakhir, saham BBNI mengalami kenaikan 42,23 persen, secara year to date juga naik 18,62 persen, dan dalam setahun terakhir saham BBNI naik 69,17 persen.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6066 seconds (0.1#10.140)