Teman Hobi Utang? Ajak Dia Ikut Program Referral MotionBanking, Ini Caranya!

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 13:59 WIB
Teman Hobi Utang? Ajak Dia Ikut Program Referral MotionBanking, Ini Caranya!
MotionBanking punya sederet tips untuh menghadapi teman yang suka meminjam uang tapi amnesia saat mengembalikan pinjaman. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Meminjamkan uang kepada teman yang membutuhkan bukanlah perbuatan yang buruk. Sebaliknya justru menambah pahala karena Anda menolong orang yang kesusahan.

Tetapi ada hal yang membuat dilema, yaitu saat ditagih, teman yang hobi berutang itu langsung pura-pura 'amnesia'. Tentu saja Anda akan kesal, bukan?

Baca Juga: Semua Bisa Raih Smartphone dari MotionBanking dari MNC Bank (BABP), Ini Caranya!

Nah, jika Anda memiliki teman seperti itu, jangan khawatir dan sedih dahulu karena MotionBanking punya sederet tips untuh menghadapi teman yang suka meminjam uang.



1. Rahasiakan Kondisi Keuangan Anda
Sombong itu perilaku tercela. Jangan sampai Anda sombong dengan memamerkan keuangan Anda di depan teman yang hobi berutang.

Oleh karena itu rahasiakan kondisi keuangan Anda dari orang lain. Kalau pun Anda sedang punya banyak rezeki, cukup disyukuri dan tidak perlu dipamerkan.

2. Bersikap Tegas dan Ajarkan Komitmen
Ini merupakan poin penting yang perlu Anda lakukan jika punya teman hobi berutang. Anda harus telaten buat mencatat tiap nominal yang ia pinjam. Bukan bermaksud perhitungan tetapi kalau teman Anda memiliki frekuensi pinjaman yang tinggi Anda akan tekor sendiri. Keuangan Anda jadi berantakan dan amburadul.

Jadi untuk berjaga-jaga, pastikan Anda selalu mencatatnya. Dengan begitu Anda juga bisa menagih sewaktu-waktu.

3. Tawari Bantuan Lain
Coba evaluasi kembali sikap teman Anda, apabila teman Anda berutang banyak hingga 'overdosis' dan suka 'amnesia' maka tindakan paling aman untuk menghadapinya yakni dengan menawarkan bantuan lainnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2200 seconds (11.210#12.26)