Perkuat Ekosistem Pendanaan UMKM dan Startup Lewat Equity Crowdfunding

Kamis, 28 Oktober 2021 - 13:21 WIB
loading...
Perkuat Ekosistem Pendanaan UMKM dan Startup Lewat Equity Crowdfunding
Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) menggandeng Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO) serta Asosiasi Muda Koperasi Indonesia (AMKI) untuk mendukung UMKM naik kelas. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) resmi melakukan penandatangan kerjasama dengan Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO) dan Asosiasi Muda Koperasi Indonesia (AMKI). Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muhammad Maulana menyatakan dukungan OJK terhadap kolaborasi yang dilakukan antara ALUDI dengan AMVESINDO dan AMKI ini.

“Pada dasarnya kami sebagai regulator mendukung sinergi yang dilakukan oleh ALUDI ini, sepanjang sesuai dengan ketentuan regulasi yang berlaku,” ungkap Maulana saat menghadiri acara Seremoni Penandatangan Perjanjian Kerjasama ALUDI.



Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Eddi Danusaputro, CEO Mandiri Capital, sekaligus Sekretaris Jendral dari AMVESINDO. Ia mengungkapkan, bahwa anggota AMVESINDO yang merupakan perusahaan Venture Capital, sebagai bagian dari Industri Keuangan Non Bank, menyambut baik sinergi ini, dimana Venture Capital melihat industri Securities Crowdfunding memiliki prospek dan dapat turut berperan sebagai pemodal institusi untuk melakukan Co-Invest dan/atau sebagai exit strategy bagi pemodal di industri Securities Crowdfunding.

Selain dengan AMVESINDO, ALUDI melakukan penandatanganan kerjasama dengan AMKI yang diwakili oleh Frans Meroga, selaku Ketua Umum AMKI, dalam rangka memfasilitasi Koperasi untuk dapat berkolaborasi baik sebagai Pemodal untuk melakukan Co-Invest sebagai pemodal institusi dan juga mendapatkan akses dalam permodalan dari Securities Crowdfunding melalui ALUDI.

“UMKM/UKM adalah pondasi ekonomi indonesia. Dengan adanya skema Securities Crowdfunding, sekarang masyarakat Indonesia bisa ikut mendukung dan mensupport UMKM ,” ungkap Wakil Ketua Umum 2 ALUDI, James Wiyardi.



Hal senada juga diungkapkan oleh Heinrich Vincent selaku Wakil Ketua Umum 1 ALUDI. Beliau mengungkapkan bahwa kerjasama antar sesama pelaku industri di sektor jasa keuangan ini sangat baik, terutama dalam memperluas akses permodalan dan inklusi keuangan bagi UMKM di Indonesia.

“Kami dari ALUDI berharap, dengan adanya kerjasama antar asosiasi ini, UMKM di Indonesia bisa terus naik kelas dan berkembang. Dari mulai yang kecil di dukung oleh Koperasi, kemudian berkembang dan mendapat funding dari Penyelenggara SCF bersama dengan Venture Capital dari rekan rekan di AMVESINDO. Dan akhirnya bisa IPO di Bursa Efek Indonesia. Kami berharap inisiasi ini dapat membuat industri menjadi lebih kuat, kompetitif, dan mempercepat akselerasi UMKM dan Startup di indonesia,” seru Vincent.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)