Industri Game Lokal Makin Diminati, Piala Presiden Esports 2021 Diikuti 40 Ribu Peserta

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 06:00 WIB
loading...
Industri Game Lokal Makin Diminati, Piala Presiden Esports 2021 Diikuti 40 Ribu Peserta
Esport mendorong pertumbuhan industri game lokal seperti speed cheese. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah mendorong industri kreatif tumbuh melalui turnamen game online esport . Hal itu mengingat pasar game Indonesia terbesar di Asia Pasifik dengan nilai mencapai Rp13 triliun.

MPL Indonesia pun turut mendorong industri kreatif game lokal dengan menggelar MPL di Piala Presiden esports (PPE) 2021. Jumlah pemain mobile esports di Indonesia yang mendaftarkan diri untuk bertanding menjadi master Speed Chess MPL di PPE 2021 mencapai total 40.872 peserta.



Pencapaian ini mengukuhkan status turnamen Speed Chess yang baru pertama kali digelar di ajang PPE sebagai turnamen mobile game catur terbesar di Indonesia, berdasarkan jumlah peserta.

MPL membuka registrasi untuk turnamen Speed Chess pada 4 Oktober 2021 di platform MPL dan secara resmi menutup pendaftaran pada 25 Oktober 2021. Selain menghadirkan jumlah peserta terbanyak, turnamen yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pemain esports profesional dan industri esports lokal ini juga merupakan turnamen mobile game catur menawarkan hadiah dengan jumlah terbesar, mencapai total Rp200 juta.

Country Head MPL Indonesia, Ridzki Syahputera, menyatakan jumlah 40.000 peserta yang mendaftarkan diri menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap cabang olahraga catur, serta mobile game berbasis ketangkasan dan turnamen kompetitif yang tersedia setiap harinya di platform MPL.

"Ke depannya, MPL akan memfokuskan upaya kami untuk memberikan pengalaman catur terbaik kepada para pemain di platform MPL saat mereka bersaing untuk memenangkan hadiah dan bagi penerima gelar pemenang turnamen catur online terbesar di Indonesia.” kata Ridzki dalam siaran pers, Jumat (29/10/2021).



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa pemerintah terus mendorong industri kreatif utamanya turnamen esport bagaimana tetap jalan di tengah pandemi Covid-19 sebagai upaya mendorong industri kreatif di dalam negeri.

Menurut dia esport memiliki peluang besar menumbuhkan industri kreatif di dalam negeri. Pada 2023 diperkirakan ada 646 juta penonton esport di seluruh dunia mengalahkan olahraga tradisional. Tidak hanya itu, esport juga mendorong pertumbuhan platform game lokal seperti speed cheese.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4779 seconds (0.1#10.140)