MNCN Optimistis Menjaga Dominasi Pangsa Pemirsa di Industri Televisi

Rabu, 03 November 2021 - 13:33 WIB
loading...
MNCN Optimistis Menjaga Dominasi Pangsa Pemirsa di Industri Televisi
MNCN melanjutkan pencapaian pangsa pemirsa yang baik di sepanjang tahun 2021 dengan mencatat 45,2% pangsa pemirsa di slot All Time dan 52,8% pangsa pemirsa di slot Prime-Time. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) melanjutkan pencapaian pangsa pemirsa yang baik di sepanjang tahun 2021 dengan mencatat 45,2% pangsa pemirsa di slot All Time dan 52,8% pangsa pemirsa di slot Prime-Time sampai dengan Oktober 2021.

Pangsa pemirsa mengalami sedikit penurunan pada kuartal III tahun 2021 dibandingkan dengan Q2/2021, hal ini dikarenakan telah berakhirnya EURO 2020 (ditayangkan pada Q2/2021). Namun kuartal III FTA masih mencatat 45,7% di pangsa pemirsa di slot All Time dan 53,7% di slot Prime-Time, yang sejauh ini memimpin kinerja industri secara signifikan.



Dari sisi pemrograman konten, Perseroan berhasil mempertahankan dominasinya dengan menorehkan 18 dari 20 program terbaik sampai dengan bulan Oktober 2021. Hal tersebut membuktikan bahwa Perseroan berada di posisi tertinggi sebagai pemimpin industri dalam 7 genre pemrograman utama, baik program reguler maupun program khusus, yakni drama, pencarian bakat, animasi, infotainment, online blocking program, berita, dan acara awards.

"Kami sangat senang dan diberkati atas kinerja dari TV FTA dan konten kami di sepanjang tahun ini. Di tengah periode pandemik saat ini, tim kami telah bekerja keras di setiap harinya untuk terus memproduksi konten-konten unggulan dan terbaik di pasar, baik program reguler maupun program special, secara konsisten selama lebih dari 1 tahun," ujar Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

"Memasuki Q4/2021, saya sangat yakin kami dapat mempertahankan pencapaian ini. Dan saat ini kami sedang menyusun pipeline program strategis memasuki tahun 2022 dan saya optimis bahwa Perseroan akan terus dapat mempertahankan dominasinya," lanjut Hary.

Sejalan dengan membaiknya pasar periklanan di Indonesia dan kinerja yang sangat baik dari program MNCN di televisi FTA-nya, terjadi lonjakan yang signifikan dalam pangsa belanja iklan di Q3/2021, yang dibukukan Perseroan sebesar 51% dibandingkan dengan 39% di Q3/2020.

Slot Prime Time masih merupakan penyumbang pendapatan terbesar bagi MNCN. Hal tersebut menyebabkan Perseroan selalu mengutamakan dan mencadangkan sebagian besar program berkualitasnya untuk periode 5 jam/hari yang menyumbangkan 56% dari pendapatan di Q3/2021.

Kunci keberhasilan stasiun televisi terletak pada kinerja yang konsisten dari program regulernya, serta dilengkapi dengan program-program yang memiliki daya pendapatan yang lebih tinggi, seperti pencarian bakat, awards program, anniversary, blocking program, diantara banyak program lainnya.

Perseroan telah diuntungkan dengan adanya fasilitas indoor canggih yang memungkinkan produksi special program dengan struktur biaya produksi yang rendah dan juga memungkinkan fleksibilitas dalam penjadwalan syuting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3463 seconds (0.1#10.140)