Waskita Karya Lanjukan Penjualan Jalan Tol hingga 2025

Kamis, 04 November 2021 - 16:17 WIB
loading...
Waskita Karya Lanjukan Penjualan Jalan Tol hingga 2025
PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan melanjutkan penjualan jalan tol hingga 2025 mendatang untuk mengurangi beban utang. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk akan mendivestasi semua jalan tolnya hingga 2025 untuk mengurangi beban utang perseroan. Waskita terbebani pinjaman investasi hingga puluhan triliun akibat penugasan pembangunan jalan tol dari pemerintah.

"Dalam rencana kami memang demikian untuk bisa mengurangi atau selesaikan beban itu, ini yang dalam proses perjalanannya akan kita lihat tapi harapannya terus divestasi," ujar Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono, Kamis (4/11/2021).



Dia menjelaskan, proses divestasi dilakukan hingga 4 tahun ke depan karena sejumlah jalan tol masih dalam tahap konstruksi. "Kenapa sampai 2025? Ya karena sebagian dari ruas tol itu belum selesai. Jadi jauh lebih enak bicara dengan investor kalau ruas tol yang didivestasikan sudah selesai," tuturnya.

Waskita karya diketahui telah mendivestasikan 4 ruas tol hingga September 2021. Adapun 4 ruas tol yang telah didivestasi itu adalah Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (JMKT), Semarang-Batang (JSB), Cinere-Serpong (CSJ) dan Cibitung-Cilincing (CTPPT).

Dari transaksi aset negara tersebut, manajemen berhasil mengantongi kurang lebih Rp6,8 triliun. Destiawan menyebutkan, jumlah itu menyebabkan rekonsolidasi utang Waskita sebesar Rp6 triliun.



"Ini menyebabkan rekonsolidasi utang Waskita sebesar Rp6 triliun dan Waskita mendapatkan margin dari divestasi ruas tol tersebut sehingga tidak ada dari empat ruas yang didivestasi ini membuat kami rugi," ujarnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)