Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 80%, Girder Box Sudah Dipasang

Sabtu, 06 November 2021 - 22:41 WIB
loading...
Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 80%, Girder Box Sudah Dipasang
KCIC memastikan proses pemasangan girder box atau balok-balok beton sudah mulai dilakukan untuk percepatan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Foto/Dok KCIC
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan proses pemasangan girder box atau balok-balok beton sudah mulai dilakukan untuk percepatan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Kami sudah melakukan pemasangan girder box untuk menyambungkan struktur layang pada trase dengan menggunakan Girder Launcher, dan ini akan terus berlangsung sampai semua girder box terpasang di seluruh pier," kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Sabtu (6/11/2021).

Dia menjelaskan, proses pemasangan girder box tersebut menggunakan mesin girder launcher yang dapat menyusun balok-balok beton itu satu per satu diantara tiang-tiang beton tanpa mengganggu jalannya lalu lintas di sekitar titik konstruksi.

Baca juga: PT KCIC Ungkap Alasan Penundaan Pembangunan Stasiun Walini

“Pemasangan girder box sudah berhasil dilakukan di 3 casting yard berbeda, yaitu Cikarang, Karawang, dan Bandung. Proses instalasi girder box di tiga lokasi tersebut berjalan secara cepat, efisien, dan tanpa hambatan,” paparnya.

Girder launcher merupakan teknologi yang berperan penting dalam kelancaran percepatan pembangunan KCJB yang ditargetkan beroperasi di akhir 2022.

Dwiyana memastikan, proses instalasi girder box itu tak akan mengganggu lalu-lintas sekitarnya. Dia juga menuturkan bahwa efisiensi pengerjaan menjadi fokus pembangunan KCJB.

Baca juga: KAI Sediakan 11.000 Tiket Naik Kereta Gratis, Cek Syaratnya

Girder launcher yang digunakan untuk struktur layang KCJB adalah Box Girder Erection Machine produksi pada tahun 2020, yang dirancang untuk mampu mengangkat beban hingga 900 ton.

Saat ini, progres pembangunan proyek KCJB sudah mencapai 79 persen. Dengan target operasional KCJB yang ditetapkan pada akhir 2022. “KCIC terus melakukan percepatan pembangunan di seluruh titik konstruksi secara komprehensif, termasuk pemasangan girder box untuk seluruh struktur layang (elevated) yang berada di trase KCJB,” tandasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2319 seconds (11.97#12.26)