Update Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Bisa Dipakai Akhir 2022

Senin, 08 November 2021 - 12:24 WIB
loading...
Update Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Bisa Dipakai Akhir 2022
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membeberkan progres proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan pembangunan apa saja yang menjadi prioritas. Begini penampakannya yang bikin takjub.Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membeberkan saat ini pengerjaan pembangunan prioritas pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung berfokus dalam pengerjaan tunnel hingga elevated track. Progresnya sendiri sudah mencapai hingga 80% dan ditargetkan bisa beroperasi akhir 2022.

“Prioritas kami saat ini untuk progres pembangunan kereta cepat adalah pengerjaan tunnel, elevated track dan juga subgrade. Di samping itu kami mendorong penyelesaian konstruksi stasiun,” kata GM Corporate Secretary PT KCIC, Mirza Soraya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: PT KCIC Buka-bukaan Soal Pembengkakan Biaya Proyek Kereta Cepat

Mirza Soraya menuturkan setelah pemasangan girder box pada rangkaian trainset, pihak KCIC akan fokus dalam melakukan persiapan menjelang operasional.

Update Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Bisa Dipakai Akhir 2022


“Seperti pengecekan Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta yang akan digunakan ketika operasional saat ini sedang dalam tahap produksi di pabrik China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang yang berada di Qingdao, Tiongkok,” paparnya.

Termasuk pembuatan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi yang nanti digunakan untuk mengecek dan memastikan keamanan jalur kereta cepat.

Update Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Bisa Dipakai Akhir 2022


“Kami juga bersama kementerian terkadang sedang melakukan pembahasan dan harmonisasi Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan. Termasuk melakukan pelatihan SDM hingga pembuatan SOP sebagai bagian dari persiapan Operation Maintenance Readiness,” tambahnya.

Baca Juga: Perhitungan Faisal Basri: Balik Modal Kereta Cepat Lebih dari 1 Abad
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1970 seconds (11.252#12.26)