Hore! Vespa Piaggio Bakal Produksi Motor di Indonesia

Rabu, 10 November 2021 - 14:09 WIB
loading...
Hore! Vespa Piaggio Bakal Produksi Motor di Indonesia
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, PT. Piaggio Indonesia tengah membangun fasilitas produksi seluas enam hektare dengan kapasitas sebanyak 10.000 unit per tahun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian ( Menperin ) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, PT. Piaggio Indonesia tengah membangun fasilitas produksi seluas enam hektare dengan kapasitas sebanyak 10.000 unit per tahun.

Diterangkan oleh Menperin, produksi pertamanya bakal dimulai pada kuartal IV tahun 2022. Diharapkan, fasilitas baru ini dapat memperkuat “brand image”. Gebrakan perusahaan pemegang merek sepeda motor ikonik Italia ini turut mendapat apresiasi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Sepeda motor vespa yang dirakit di pabrik ini dijadwalkan bisa meluncur pada akhir 2022,” ujar Menperin dalam keterangan resmi, Rabu (10/11/2021).



Menperin optimistis terhadap pengembangan bisnis yang dijalankan PT. Piaggio Indonesia melalui perakitan Vespa 'Made in Indonesia', bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia. Selain itu, dapat meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional.

Sesuai program prioritas yang ada di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0, Kemenperin terus memacu pengembangan sektor otomotif, termasuk industri sepeda motor. Apalagi, Indonesia merupakan pangsa pasar sepeda motor terbesar di ASEAN dengan penjualan pada tahun 2020 sebanyak 3,66 juta unit dan market share sebesar 38%.

Menperin Agus mengatakan, sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, sehingga potensi industri otomotif untuk mengisi pasar kendaraan bermotor masih sangat besar.

"Ekspansi yang dilakukan oleh PT. Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh dari perusahaan pemegang merek sepeda motor ikonik Italia tersebut. Selain itu, upaya ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal," terangnya.

Hore! Vespa Piaggio Bakal Produksi Motor di Indonesia


Menperin memberi catatan bahwa ini merupakan tahap awal, artinya kedepannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari Italia, khususnya PT. Piaggio Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2723 seconds (0.1#10.140)