Kecil Hidup Miskin, Ini 5 Fakta Miliarder Muslim yang Amalkan Kekayaannya Rp227 Triliun

Senin, 15 November 2021 - 12:14 WIB
Kecil Hidup Miskin, Ini 5 Fakta Miliarder Muslim yang Amalkan Kekayaannya Rp227 Triliun
Abdul Aziz Al Rajhi. Foto/NewsTodayPK
A A A
JAKARTA - Seorang miliarder asal Arab Saudi pernah masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes tahun 2015. Ketika itu kekayaannya mencapai USD2,1 miliar atau Rp29,8 triliun (kurs Rp14.200).

Menariknya, meski "pontang panting" menjadi tajir, Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi adalah salah satu miliarder muslim yang paling banyak bersedekah. Tahun lalu, islamtics.com melaporkan, sepanjang hidupnya Sulaiman telah menyumbangkan kekayaannya sebesar USD16 miliar atau Rp227 triliun untuk berbagai kegiatan amal. Subhanallah.

Baca juga: Baru Bulan Lalu Terbang ke Luar Angkasa, Miliarder Ini Tewas Kecelakaan Pesawat

"Dia telah memberikan dua pertiga dari seluruh kekayaannya untuk amal dalam bentuk wakaf, dan sepertiga sisanya untuk keluarga," tulis islamtics.com, dikutip Senin (15/11/2021).



Sikap dermawan Sulaiman tentu saja dilatari masa kecilnya yang hidup dalam kemiskinan. Semasa kecil, untuk bertahan hidup dia melakukan berbagai pekerjaan untuk mendapatkan uang, seperti pembawa belanjaan di pasar (porter) hingga pengumpul kurma.

Berikut ini fakta-fakta milarder dermawan berusia 92 tahun ini:

1. Melakukan beberapa pekerjaan kasar

Sulaiman sudah mulai bekerja sebagai porter yang membawa barang belanjaan para pengunjung pasar Al Khadra Riyadh di usia 9 tahun. Saat berusia 12 tahun, dia bekerja sebagai pengumpul kurma. Saat itu dia tidur di atas kerikil dan mengenakan pakaian yang sama terus-menerus adalah kebiasaannya sehari-hari. Sulaiman juga pernah bekerja sebagai koki di salah satu hotel di Riyadh, menjadi penjual minyak, hingga membuka toko kelontongnya sendiri.

2. Belajar bisnis dari saudara
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2279 seconds (11.252#12.26)