3 Tips Raih Penghasilan Tambahan Tanpa Ganggu Pekerjaan Utama

Rabu, 17 November 2021 - 22:22 WIB
loading...
3 Tips Raih Penghasilan Tambahan Tanpa Ganggu Pekerjaan Utama
Investasi merupakan salah satu cara yang praktis untuk mendapatkan passive income karena bisa dilakukan secara online melalui gadget saja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi banyak orang, bekerja kantoran dan menjadi karyawan memberikan ketenangan dikarenakan adanya penghasilan atau gaji yang rutin diterima setiap bulan. Namun, adakalanya gaji bulanan tak bisa menutupi kebutuhan sehingga tak jarang pekerja kantoran yang mencari tambahan penghasilan terlebih di masa pandemi Covid-19 kebutuhan akan dana darurat semakin penting.

Namun, keterbatasan waktu, modal, dan tenaga seringkali menjadi kendala yang membatasi karyawan untuk mencari penghasilan tambahan. Dibutuhkan keterampilan dalam membagi waktu dan kreativitas untuk dapat fokus menjalani berbagai pekerjaan secara bersamaan.



CEO PT Investasi Digital Nusantara (Bizhare) Heinrich Vincent mengatakan, kondisi ekonomi di tengah pandemi saat ini semakin mendorong masyarakat, termasuk para pekerja kantoran, untuk memiliki penghasilan tambahan atau yang sering disebut sebagai diversifikasi pendapatan.

"Untuk memiliki penghasilan tambahan di luar gaji bulanan, tentunya dibutuhkan strategi yang matang agar dapat menyeimbangkan kewajiban utama di tempat kerja dengan tujuan finansial yang ingin diraih. Untuk itu, segala sesuatunya harus dilakukan secara efisien dengan memaksimalkan sumber daya, kesempatan, dan inovasi yang ada,” ujarnya, dikutip Kamis (18/11/2021). Dia pun lantas menyampaikan beberapa tips untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama:

1. Manfaatkan internet untuk mencari informasi tambahan
Kemudahan akses internet membuka lebar peluang bagi siapapun untuk dapat belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Hampir semua hal dapat ditemukan di internet secara gratis, termasuk inspirasi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menyimak beberapa video tips & trick singkat di YouTube, diskusi di forum-forum terpercaya, hingga mengikuti beberapa tokoh yang kerap membagikan pengalamannya di media sosial.

Untuk membekali diri dengan pengetahuan yang lebih mendalam, Anda juga bisa mengikuti webinar atau talkshow inspiratif. Saat ini, berbagai platform media sosial sering menyelenggarakan acara talkshow gratis. Selain untuk belajar, internet juga tentunya bisa menghubungkan Anda dengan pihak-pihak yang mungkin bisa membantu kelangsungan usaha Anda.

2. Maksimalkan waktu di luar jam kerja
Manajemen waktu yang baik merupakan kunci utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu luang untuk mengambil pekerjaan lain di luar pekerjaan utama. Hal ini penting agar Anda dapat fokus menjalani kedua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan waktu luang untuk menyalurkan keterampilan lain di luar pekerjaan utama secara part time atau menjadi freelancer. Misalnya, mengambil pekerjaan freelance saat weekend sebagai videographer pada acara pernikahan atau membuat desain undangan untuk sebuah acara. Namun, jangan lupa juga menyisihkan waktu untuk istirahat dan me-time agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)