NCSR Gelar Ajang untuk Perusahaan yang Terapkan Pembangunan Berkelanjutan

Rabu, 17 November 2021 - 21:47 WIB
loading...
NCSR Gelar Ajang untuk Perusahaan yang Terapkan Pembangunan Berkelanjutan
NCSR memberikan peringkat platinum kepada tujuh perusahaan yang sukses menerapkan pembangunan berkelanjutan. Foto/RioChandra/MPI
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Riset dan Teknologi RI, Bambang Brodjonegoro , mengatakan, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif yang memperlambat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

“Akan tetapi kita masih memiliki kesempatan untuk melakukan akselerasi dalam mencapai SDGs, yaitu melalui sirkular ekonomi,” ujarnya saat memberi sambutan virtual di acara Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2021 yang digelar oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR) secara hybrid Rabu (17/11/2021).



Ketua NCSR, Ali Darwin mengatakan, aksi keberlanjutan memerlukan inovasi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan, dan aksi tersebut perlu diungkapkan dalam laporan keberlanjutan.

Pagelaran ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah membuat laporan keberlanjutan dan mendorong peningkatan baik kuantitas maupun kualitas laporan. Ketua Dewan Juri ASRRAT 2021, Eko Ganis, mengatakan proses penilaian laporan dilakukan oleh 20 orang asesor, yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Mereka semuanya memiliki kompetensi sebagai asesor karena telah memiliki sertifikat spesialis laporan keberlanjutan yang dikeluarkan oleh NCSR yang disebut Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS) National Center for Sustainability Reporting,” pungkasnya.

NCSR memberikan tiga peringkat laporan keberlanjutan, yaitu Platinum (tertinggi), Gold, dan Silver. Dalam ASRRAT 2021 terjadi peningkatan jumlah perusahaan yang memperoleh peringkat platinum, yaitu lima perusahaan di tahun lalu meningkat menjadi tujuh perusahaan di tahun ini.



Ketujuh perusahaan peringkat Platinum tersebut adalah PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT Bank BTPN Tbk, PT BPD Jawa Barat & Banten Tbk (Bank BJB), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Indonesia Power, PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Kalimantan Timur.

Kriteria untuk peringkat platinum menurut Eko antara lain laporan keberlanjutan disusun sesuai dengan standar GRI opsi komprehensif dan telah dilakukan assurance (audit) serta memperoleh nilai 93 hingga 100. Sedangkan laporan keberlanjutan peringkat Gold tahun ini diberikan kepada 32 organisasi dan perusahaan. Rio Chandra
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)