Jokowi Akan Paksa Perusahaan Sawit dan Tambang Bikin Pusat Persemaian

Jum'at, 19 November 2021 - 15:10 WIB
loading...
Jokowi Akan Paksa Perusahaan Sawit dan Tambang Bikin Pusat Persemaian
Jokowi saat mengunjungi Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) akan terus menggenjot pembangunan pusat persemaian. Bibit pohon dari pusat persemaian akan digunakan untuk perbaikan lingkungan.



“Utamanya untuk banjir selain untuk perbaikan lingkungan kita. Kita akan membikin dalam tiga tahun ke depan, kurang lebih 30 seperti ini dari pemerintah,” katanya saat meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jumat (19/11/2021).

Dia pun akan memaksa pihak swasta juga mendirikan pusat persemaian. Di antaranya perusahaan kelapa sawit dan pertambangan.



“Saya akan memaksa mengharuskan semua perusahaan kelapa sawit, perusahaan pertambangan untuk juga menyiapkan nursery-nursery seperti ini. Sehingga juga akan terjadi perbaikan-perbaikan di lingkungan, di mana pertambangan itu ada, di mana kebun sawit itu ada,” ungkapnya.

Saat mengunjungi Persemaian Modern Rumpin, Jokowi juga mengajak sejumlah duta besar (dubes) negara sahabat. Di antaranya Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, Duta Besar Kanada untuk Indonesia Cameron MacKay, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket, dan Country Director Bank Dunia Satu Kahkonen.



"Kita ingin menunjukkan bahwa Indonesia serius dalam menangani dampak dari perubahan iklim dan kita tunjukkan nursery center ini yang bisa setahun memproduksi kurang lebih 12 juta bibit," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)