Intip Karakter Finansial 3 Generasi Ini, Semua Bisa Bertambah Income di MotionBanking!

Senin, 22 November 2021 - 08:12 WIB
loading...
Intip Karakter Finansial 3 Generasi Ini, Semua Bisa Bertambah Income di MotionBanking!
Perbedaan generasi yang memiliki perbedaan dalam perkembangan teknologi ternyata mempengaruhi juga terhadap cara mengatur keuangan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Berdasarkan tahun kelahiran, masyarakat dikelompokkan ke dalam beberapa generasi (periode 25 tahun), yaitu generasi X yang lahir pada tahun 1965-1980, generasi milenial yang lahir pada tahun 1981-1996 dan generasi Z yang lahir tahun 1997-2012.

Hasil sensus penduduk Indonesia tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa terdapat 270,20 juta jiwa dengan 21,88% penduduk masuk generasi X, 25,87% generasi milenial dan 27,94% generasi Z.

Baca juga: Tembus 4 Juta Investor, Reksa Dana Jadi Mainan Baru Milenial

Dengan perbedaan generasi yang memiliki perbedaan dalam perkembangan teknologi ternyata mempengaruhi juga terhadap cara mengatur keuangan. Simak perbedaan 3 generasi tersebut sebagai berikut:

1. Generasi X
Menjadi generasi keturunan dari baby boomer, mereka mengadopsi pemikiran orang tuanya yang rajin mencari uang untuk keluarganya. Bedanya, mereka lebih memilih untuk menjadi pengusaha dibandingkan pekerja kantoran yang cukup menyita waktu. Itulah mengapa, mereka lebih banyak menggunakan keuangannya untuk berbisnis.

2. Generasi Milenial
Generasi ini lahir pada saat teknologi sedang berkembang di mana internet dan gadget menjadi kebutuhan. Hal tersebut menyebabkan generasi ini menjadi seorang tech-savvy.

Namun, lahir di era internet membuat generasi ini menjadi lebih konsumtif dan menghabiskan uangnya untuk berbelanja. Walaupun begitu, generasi ini juga mempunyai jiwa pebisnis bahkan mereka memiliki perencanaan keuangan untuk dapat membeli rumah.

3. Generasi Z
Sebagai generasi yang lahir di mana media sosial sangat populer, mereka juga suka mencari popularitas dengan menjadi pengguna aktif di media sosial yang ada. Namun, tidak hanya mencari popularitas tetapi mereka juga giat mencari uang dengan berbisnis secara online melalui platform-platform e-commerce.

Berbeda generasi memang memiliki perbedaan dalam mengatur keuangan tetapi ketiga generasi ini memiliki persamaan yaitu mereka sama-sama bekerja keras mencari uang untuk dapat mewujudkan keinginannya seperti berbisnis maupun membeli rumah.

Baca juga: Lowongan Kerja di Bank Indonesia untuk 11 Posisi, Buruan Daftar Sampai Besok!
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2412 seconds (10.177#12.26)