Jejak Karir Dirut HK Baru Budi Harto dan Wakomut Lukman Edy

Sabtu, 06 Juni 2020 - 18:19 WIB
loading...
Jejak Karir Dirut HK Baru Budi Harto dan Wakomut Lukman Edy
Pada struktur direksi, ada nama Budi Harto yang ditunjuk menjadi Direktur Utama (Dirut) Hutama Karya untuk menggantikan Bintang Perbowo. Foto/Dok BUMN
A A A
JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) memiliki jajaran direksi dan komisaris yang baru setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali melakukan perombakan dalam jajaran direksi di perusahaan konstruksi pelat merah. Pada struktur direksi, ada nama Budi Harto yang ditunjuk menjadi Direktur Utama (Dirut) Hutama Karya untuk menggantikan Bintang Perbowo.

Jejak karir Budi Harto sebelumnya pernah menjabat sebagai direktur utama PT Adhi Karya Tbk (ADHI) sejak 8 April 2016. Kali ini, Budi Harto ditunjuk memimpin Hutama Karya bersama beberapa orang lainnya yakni, Aloysius Kiik Ro (Wakil Direktur Utama), Suroto (Direktur), Ferry Febrianto (Direktur), Novias Nurendra (Direktur), Mohammad Erry Sugiharto (Direktur) dan Hilda Savitri (Direktur).

( )

Di lingkungan BUMN karya, sosoknya tidak asing karena sudah malang melintang berkarier di sana. Pria kelahiran Boyolali, 11 September 1959 ini, memulai kariernya di BUMN Karya sejak 1984. Beberapa posisi penting pernah diembannya, yakni Presiden Komisaris PT WIKA Gedung (2009-2010), Komisaris Utama PT WIKA Intrade (2008-2009), lalu Adhi Karya (ADHI), dan kini di Hutama Karya (HK).

Sementara pada jajaran Komisaris PT HK, Menteri BUMN hanya memasukkan satu nama, yakni HM Lukman Edy sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) di PT HK.Lukman Edy boleh dibilang baru di dunia BUMN karya. Sebelumnya, pria kelahiran Riau ini lebih dikenal sebagai politisi.

Sedangkan pada ranah eksekutif, Lukman Edy pernah menjabat sebagai Menteri pada kepemimpinan SBY periode pertama, yakni di Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) tahun 2006-2009. Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB ini tercatat dua periode dia duduk di DPR RI yakni periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Dia pun sempat duduk di DPRD provinsi Riau periode 2004-2009. Dan selama di DPR, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI sekaligus pernah menjadi Ketua Pansus RUU Pemilu yang menggawangi penyusunan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Lukman Edy juga pernah ditunjuk Jokowi sebagai Direktur Saksi di Tim Kemenangan Nasional (TKN) pada pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 yang lalu. Selama aktif di TKN itu pula, pria yang dikenal dengan panggilan LE ini aktif menjadi juru bicara mewakili TKN.

Namun demikian, jika ditelisik lebih jauh, Ia sebetulnya juga dibesarkan di dunia kekaryaan sebelum masuk ranah politik. Pria jebolan Teknik Sipil Universitas Brawijaya ini pernah lama malang melintang di dunia konstruksi.

Tercatat ia pernah menjadi ketua GAPENSI Provinsi Riau, juga pernah menjabat sebagai Ketua KADIN, Ketua AKAINDO, dan Ketua LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi). Ketika dikorfirmasi, Lukman Edy membenarkan tentang kiprahnya di dunia konstruksi itu. “Iya, cukup lama saya menggeluti bidang itu sebelum terjun ke politik," jawabnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)