Sampoerna Rogoh Rp2 Triliun Bangun Pabrik Rokok Bebas Asap di Karawang

Selasa, 30 November 2021 - 19:56 WIB
loading...
Sampoerna Rogoh Rp2 Triliun Bangun Pabrik Rokok Bebas Asap di Karawang
Presiden Direktur Sampoerna Mindaugas Trumpaitis. Foto/Dok SINDOphoto/Arie Yudhistira
A A A
JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) kian serius menggarap pasar rokok elektrik di Indonesia dengan mengumumkan realisasi investasi rokok bebas asap. Perseroan akan membangun fasilitas produksi batang tembakau IQOS dengan merek HEETS di Karawang, Jawa Barat. Adapun total nilai investasinya mencapai USD166,1 juta atau setara Rp2,37 triliun (asumsi kurs Rp14.300).

Presiden Direktur Sampoerna Mindaugas Trumpaitis mengatakan, investasi ini merupakan bentuk kepercayaan Sampoerna dan induk perusahaan, Philip Morris International (PMI), atas iklim investasi Indonesia dan upaya nyata perseroan untuk menjadi bagian dari pemulihan perekonomian nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

"Fasilitas (produksi) ini merupakan bagian dari komitmen global PMI dalam menyediakan produk tembakau bebas asap sebagai alternatif yang lebih baik bagi perokok dewasa," ujarnya, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Ada Kabar Cukai Rokok Pasti Naik Tahun Depan, Tapi Tidak Mencekik

Pabrik yang dijadwalkan akan beroperasi pada kuartal IV/2022 ini dibangun untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri dan sekaligus difokuskan juga untuk pasar ekspor di kawasan Asia Pasifik.

Mindaugas meyakini bahwa investasi ini sejalan dalam menciptakan nilai ekonomi jangka panjang di Indonesia dengan mengedepankan inovasi, penelitian ilmiah, dan teknologi. Fasilitas produksi di Karawang tersebut akan menjadi fasilitas produksi ke-7 PMI secara global dan ke-2 di Asia.



"Pembukaan pabrik produk batang tembakau untuk IQOS dengan merek HEETS di Karawang merupakan salah satu pencapaian bersejarah dalam komitmen PMI untuk mewujudkan visi masa depan bebas asap, khususnya konsumen dewasa di kawasan Asia yang memilih untuk terus menikmati produk tembakau," bebernya.

Baca juga: Pemerintah Diminta Terbuka pada Bukti Ilmiah Produk Tembakau Alternatif

Mindaugas mengharapkan realisasi investasi ini dapat meningkatkan efek berganda yang lebih besar melalui penciptaan nilai tambah, serapan daun tembakau dari petani lokal, serta membuka lapangan kerja baru bagi tenaga kerja berketerampilan tinggi.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1899 seconds (10.55#12.26)