Seberapa Bahaya Omicron Belum Jelas Bikin Wall Street Berakhir Memerah

Rabu, 01 Desember 2021 - 08:44 WIB
loading...
Seberapa Bahaya Omicron Belum Jelas Bikin Wall Street Berakhir Memerah
Wall Street berakhir lebih rendah setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menberi sinyal baru. Ditambah belum jelas seberapa bahaya varian baru omicron. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Wall Street berakhir lebih rendah pada perdagangan Selasa (30/11/2021) waktu setempat, setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengisyaratkan, bahwa bank sentral AS akan mempertimbangkan untuk mempercepat penarikan pembelian obligasi karena risiko inflasi meningkat.

Hal itu menambah tekanan ke pasar dan investor yang sudah gelisah tentang varian COVID-19 terbaru Omicron . Mengutip Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average turun 652,22 poin, atau 1,86%, menjadi 34.483,72, S&P 500 kehilangan 88,27 poin, atau 1,90%, menjadi 4.567 dan Nasdaq Composite turun 245,14 poin, atau 1,55%, menjadi 15.537,69.



Untuk bulan ini, S&P mencatat penurunan 0,8%, sedangkan Dow Jones turun 3,7% dan Nasdaq naik 0,25%. Hanya tujuh dari komponen benchmark S&P 500 yang menguat pada hari Selasa.

Untuk perdagangan hari ini, semua 11 sektor industri utama S&P turun dengan tujuh dari sektor tersebut jatuh lebih dari 2%. Layanan komunikasi memimpin kerugian dengan penurunan 3% diikuti oleh penurunan Utilitas 2,9%. Karena harga minyak jatuh, energi berada di bawah tekanan sepanjang sesi, ditutup turun 2,5%.

Performa teratas adalah sektor teknologi informasi, jatuh hanya 0,96%, dengan bantuan dari Apple Inc, yang membuat rekor penutupan tertinggi dan kenaikan 3,2% untuk hari itu.

Dalam sebuah kesaksian di hadapan Komite Perbankan Senat, Powell mengindikasikan bahwa dia tidak lagi menganggap inflasi tinggi sebagai "sementara" dan bahwa The Fed akan meninjau kembali jadwal untuk mengurangi program pembelian obligasi pada pertemuan berikutnya dalam dua minggu.

Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas di Wedbush Securities dalam Los Angeles mengatakan, komentar Powell mengacaukan pemikiran pasar dalam hal potensi taper timing. Sebagai akibatnya, risk-off terjadi di seluruh indeks.

"Anda juga harus mempertimbangkan kekhawatiran varian Omicron. Anda dapat berdebat apakah itu lebih merupakan risiko utama atau risiko kenyataan, tetapi terlepas dari itu, itu memiliki dampak signifikan pada minyak, dan segala sesuatu yang terkait dengan pertumbuhan ekonomi," imbuhnya.

Komentar Powell juga memicu spekulasi di antara beberapa investor tentang potensi percepatan kenaikan suku bunga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)