Tahun Depan Seluruh Pelosok Tanah Air Terkoneksi Internet

Rabu, 01 Desember 2021 - 23:25 WIB
loading...
Tahun Depan Seluruh Pelosok Tanah Air Terkoneksi Internet
Pemerintah menargetkan tahun depan seluruh daerah di wiliayah 3T terkoneksi jaringan internet. Foto/ArifJulianto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemkominfo ) menargetkan pembangunan layanan jaringan telekomunikasi 4G di wilayah terdepan, terpencil, tertinggal (3T) bisa selesai pada tahun 2022.



Dirjen Sumber daya dan perangkat Pos dan Informatika Kemkominfo Ismail mengatakan, saat ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi sangat penting dalam aktivitas masyarakat sehari-hari. Tidak hanya masalah ekonomi tapi juga kesehatan, pendidikan dan berbagai aktivitas lainnya ini sudah mengandalkan ruang digital.

"Pemerintah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur terutama di daerah 3T dalam bentuk 4G. Kami sedang mengupayakan agar tersedia di seluruh desa pada akhir tahun 2022," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Rabu (1/12/2021).

Ismail melanjutkan, pemerintah menargetkan lebih dari 12.000 desa di Indonesia dapat terhubung ke jaringan 4G. "Artinya konektivitas infrastruktur menuju jaringan internet di Indonesia Insya Allah sudah bisa diselesaikan sampai seluruh pelosok Tanah Air pada tahun 2022," ungkapnya.

Menurut dia, untuk menyelesaikan target tersebut tidak mudah karena kondisi daerah 3T yang jauh dari fasilitas infrastruktur sebelumnya. Selain itu, ada kendala listrik yang belum masuk ke daerah 3T.

"Tantangannya luar biasa karena kondisi Indonesia sangat luas dan banyak sekali area-area yang terpencil, bahkan daerah-daerah pegunungan seperti di Papua, Maluku, dan pulau-pulau terluar yang jauh dari fasilitas infrastruktur sebelumnya," tuturnya.

Dia menambahkan, sebagian besar daerah 3T terletak di Indonesia bagian timur terutama daerah pegunungan yang sulit dijangkau.



"Terutama di daerah Papua yang banyak sekali desa-desa yang belum ada atau tertinggal 4G. Ini bukan pekerjaan mudah tetapi sekarang sudah berjalan mudah-mudahan seluruh desa itu bisa ter-cover," tuturnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)