Google Gelontorkan Pembiayaan UMKM Rp147 Miliar, Menkeu: Kecil tapi Sangat Membantu

Kamis, 02 Desember 2021 - 12:45 WIB
loading...
Google Gelontorkan Pembiayaan UMKM Rp147 Miliar, Menkeu: Kecil tapi Sangat Membantu
Ilustrasi UMKM. Foto/Dok SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi langkah Google sebaga salah satu perusahaan swasta global terbesar dalam mendukung transformasi digital melalui peningkatan literasi digital kepada 2 juta UMKM. Hal ini dilakukan melalui kelas-kelas Gapura Digital di bawah program Grow with Google.

"Saya menyambut baik program-program Google untuk mengembangkan talenta digital dan peningkatan konektivitas internet di Indonesia melalui Google Cloud Jakarta Region dan kabel bawah laut, dan juga melalui bantuan finansial kepada UMKM," ujar Sri dalam Google for Indonesia secara virtual pada Kamis (2/12/2021).



Menkeu mengungkapkan, kolaborasi Google dengan organisasi internasional nirlaba KIVA, bekerja sama dengan berbagai mitra lokal termasuk koperasi microfinance Komida, telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah senilai USD10 juta atau Rp147 miliar secara total.

"Angka ini memang terlihat kecil dibandingkan program pemerintah UMi yang menyediakan Rp17 triliun. Namun, ini sangat membantu, terutama di dalam mengisi kantong-kantong di dalam membantu UMKM yang begitu besar di Indonesia," bebernya.

Dengan kerja sama antara pemerintah yang telah memberikan perhatian luar biasa bagi UMKM melalui program-program pemberdayaannya, dan juga swasta, termasuk dengan menggunakan teknologi digital, Menkeu berharap agar ekonomi Indonesia, khususnya UMKM, dapat pulih dan bangkit kembali. Dia juga menyampaikan selamat kepada semua pihak yang terlibat dan juga para korporasi yang terus secara tekun ikut membantu segmen UMKM.



"Semoga ini akan memperkuat pondasi ekonomi Indonesia dan juga akan memperkuat ketahanan dari para pelaku, terutama UMKM. Saya sering mengatakan, jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Lakukan yang terbaik. Ini adalah salah satu bentuk untuk peduli dan melakukan yang terbaik bagi Indonesia," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)