Sebentar Lagi Nataru, Stok Minyak Goreng Aman Gak nih?

Minggu, 05 Desember 2021 - 12:18 WIB
loading...
Sebentar Lagi Nataru, Stok Minyak Goreng Aman Gak nih?
Stok minyak goreng jelang natal dan tahun baru dipastikan mencukupi. Foto/SINDOnews/Inda Susanti
A A A
JAKARTA - Jelang natal dan tahun baru (Nataru) , ketersediaan minyak goreng sebagai salah satu kebutuhan pokok harus dipastikan mencukupi. Terlebih lagi harganya yang melambung dalam beberapa bulan terakhir dan sejumlah toko juga membatasi pembelian minyak goreng.

Kenaikan harga terjadi pada minyak goreng kemasan maupun curah. Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga mengungkapkan, pihaknya tidak melakukan pemantauan harga minyak goreng di pasaran.



Namun, menurut data PIHPS, harga minyak goreng curah mencapai Rp17.700 per kg, minyak goreng kemasan bermerk I Rp19.299 per kg dan minyak goreng kemasan bermerk II Rp18.800 per kg. “Kami dari GIMNI tidak monitoring harga pasar, jadi tidak bisa komentar,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI) di Jakarta, Minggu (5/12/2021).

Adapun terkait stok minyak goreng menjelang Nataru, Sahat menyebut stok saat ini berkisar 325 ribu kilo liter dan mencukupi untuk 1,5 bulan konsumsi. “Stok minyak goreng menjelang Natal ini berkisar 325 ribu kilo liter. Dan jumlah ini mencukupi 1,5 bulan konsumsi,” jelas dia.



Sebagai informasi, naiknya harga minyak goreng ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menyebutkan, faktor pertama penyebab harga minyak goreng meroket ialah adanya penurunan pasokan bahan baku minyak goreng.

“Terjadi penurunan produksi crude palm oil (CPO) dari Malaysia 8%. Kemungkinan produksi CPO di Indonesia akan turun dari target 49 juta ton mungkin hanya akan hasilkan 47 juta ton,” ujar Oke dalam webinar Indef, Rabu (24/11/2021) lalu.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)