Pulihkan Kelistrikan Semeru, 69 Trafo Ditargetkan Menyala Hari Ini

Senin, 06 Desember 2021 - 13:49 WIB
loading...
Pulihkan Kelistrikan Semeru, 69 Trafo Ditargetkan Menyala Hari Ini
PT PLN (Persero) menerjunkan 124 personel untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan di daerah terdampak erupsi Gunung Semeru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) menerjunkan 124 personel untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan di daerah terdampak erupsi Gunung Semeru . Adapun tim dibagi menjadi dua, yakni 53 personil tim siaga dan 71 personil tim pelaksana pekerjaan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Adi Priyanto mengatakan, para petugas ini terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur untuk memastikan daerah atau zona yang aman dan zona bahaya, serta zona yang bisa dilewati oleh petugas PLN dalam upaya pengecekan instalasi dan penormalan.

"Kami membagi 124 personel ini ke dalam dua tim, yaitu tim siaga sebanyak 53 personel dan tim pelaksana pekerjaan 71 personel. Tim terus berupaya untuk segera memulihkan listrik dengan tetap mengutamakan keselamatan warga," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).



PLN juga telah mengumpulkan genset portable berkapasitas 2,2 sampai 4 Kilo Watt (KW) sebanyak 8 unit, kapasitas 23 KW sebanyak 1 unit dari ULP dan UP3 terdekat.

"Ini langkah penanganan kami, kami langsung melakukan langkah pengamanan untuk memastikan zona aman. Kemudian kami menyediakan genset di posko untuk tetap ada aliran komunikasi dan penerangan bagi warga," kata Adi.

Dia mengakui dalam upaya pemulihan kelistrikan pasca bencana kali ini, PLN mendapatkan tantangan cukup berat. Mulai dari beberapa lokasi kembali mengalami hujan abu vulkanik, sehingga petugas PLN tidak diizinkan untuk masuk.

Maka dari itu, PLN memastikan akan mengambil langkah alternatif untuk desa terdampak. Untuk daerah yang masih terputus akan dilakukan pembangunan jaringan listrik baru. Rencananya hari ini, tim PLN akan menyalakan 69 trafo dari total 79 trafo yang masih padam.

"Kami upayakan maksimal untuk penarikan jaringan baru dari daerah Dampit. Hari ini ditargetkan 69 trafo menyala," ungkap Adi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3069 seconds (0.1#10.140)