Waspada! Harga-harga Bahan Pokok Mulai Meroket di Akhir Tahun

Jum'at, 10 Desember 2021 - 11:12 WIB
loading...
Waspada! Harga-harga Bahan Pokok Mulai Meroket di Akhir Tahun
Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) beberapa harga bahan pokok (Bapok) melonjak dari hari ke hari. Seperti semua jenis cabai, bawang-bawangan serta minyak goreng. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ( Nataru ) beberapa harga bahan pokok (Bapok) melonjak dari hari ke hari. Seperti semua jenis cabai, bawang-bawangan serta minyak goreng .

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, naiknya harga bapok dipasaran akan melemahkan daya beli masyarakat. Selain itu bisa membuat orang jadi rentan jatuh di bawah garis kemiskinan.

"Efek dari naiknya harga bahan pokok akan menimbulkan pelemahan daya beli masyarakat dan bisa membuat orang jadi rentan jatuh di bawah garis kemiskinan," kata Bhima kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (10/12/2021).



Dia juga menuturkan, bahwa kenaikan harga bapok ini sangat membebani masyarakat. Terlebih kondisi ekonomi masyarakat masih tertekan di masa pandemi.

"Efek naiknya harga bahan pokok sudah sangat membebani masyarakat. Contohnya harga minyak goreng di retail naik sampai 4.000-8.000 rupiah per liter. Kenaikan bisa sampai 25-30% padahal pendapatan masyarakat saja kan masih tertekan terutama kelompok menengah bawah," ucapnya.

Bhima juga bilang, bencana alam dipenghujung tahun menjadi ancaman untuk naiknya harga-harga bahan pokok. Oleh sebab itu, kata dia, hal ini perlu diantisipasi agar kenaikan harga tidak melambung di awal 2022 mendatang.

"Ancaman bencana alam, cuaca ekstreem La Nina perlu diantisipasi karena berisiko naikan harga pangan lebih tinggi pada awal 2022 mendatang," ujarnya.



Direktur Celios ini menambahkan, volatilitas rupiah juga bisa menjadi pemicu harga kebutuhan pangan impor melonjak. Maka dari itu, ia mengingatkan supaya masyarakat maupun pihak-pihak terkait agar waspada.

"Volatilitas rupiah membuat harga kebutuhan pangan yang sebagian impor melonjak. Ini yang disebut imported inflation. Kita mesti siaga," tandasnya.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)