Dukung Pertumbuhan Wirausaha Baru, Indonesia Fund Festival 2021 Resmi Digelar

Selasa, 14 Desember 2021 - 16:11 WIB
loading...
Dukung Pertumbuhan Wirausaha Baru, Indonesia Fund Festival 2021 Resmi Digelar
Opening Ceremony IFF 2021 di iNews Tower, Jakarta, Selasa (14/21/2021
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan wirausaha di Indonesia terus didorong guna memberikan dampak signifikan bagi perekonomian nasional, salah satunya melalui ajang pertemuan investor dan juga pelaku usaha, yakni Indonesia Fund Festival (IFF) 2021.

Saat ini, tercatat rasio kewirausahaan di Indonesia mencapai 3,47 persen dari total populasi penduduk dan masih perlu peningkatan yang signifikan. Pemerintah pun menargetkan pada 2024 mendatang ditargetkan menjadi 4 persen.

Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB-KUMKM melakukan inisiasi dengan menyelenggarakan Indonesia Fund Festival (IFF) 2021 di Jakarta Concert Hall, Gedung iNews Tower, Jakarta.

IFF 2021 juga terselenggara atas kerja sama LPDB-KUMKM, Orbit Venture Indonesia, MNC Group, dan Inkubator Siger Hub.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi terselenggaranya IFF 2021 dalam mendorong peningkatan wirausaha baru di Indonesia, sebab selama ini kendala utama pelaku UMKM adalah akses permodalan dalam mengembangkan usaha.

"Kolaborasi LPDB-KUMKM, MNC Group, Orbit Venture Indonesia dan Inkubator Siger Hub dalam pelaksanaan Indonesia Fund Fest 2021 ini sangat strategis dalam mendorong lompatan usaha Koperasi dan UMKM, menjadi catatan baru lembaran inovasi yang dilakukan LPDB-KUMKM," ujar MenKop UKM Teten Masduki saat Opening Ceremony IFF 2021 di iNews Tower, Jakarta, Selasa (14/21).

MenKop UKM Teten Masduki menambahkan, dengan memiliki keunggulan bonus demografi yakni penduduk usia produktif mencapai 70,72 persen dari total populasi penduduk, Indonesia memiliki nilai lebih dalam hal produktivitas dan juga peningkatan wirausaha baru.

"Peluang pengembangaan wirausaha ke depan ada di tangan anak muda. Terdapat 64,69 persen atau 173,48 juta dari total 270,20 juta jiwa penduduk Indonesia merupakan generasi milenial, generasi Z, dan generasi alpha," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo menjelaskan, penyelenggaraan IFF 2021 dalam rangka memfasilitasi para tenant inkubator wirausaha LPDB-KUMKM untuk mendapatkan pembiayaan, dan kerja sama dari investor.

Tak hanya itu, ajang IFF 2021 juga untuk mempromosikan Koperasi dan UMKM agar dapat naik kelas, agar mudah mengakses digitalisasi, agar dapat promosi di level regional, dan agar dapat dikenal di level internasional. "Hari ini komitmen tersebut sedikit demi sedikit kita wujudkan dengan kolaborasi bersama dalam penyelenggaraan Indonesia Fund Festival 2021 ini," kata Supomo.
Dukung Pertumbuhan Wirausaha Baru, Indonesia Fund Festival 2021 Resmi Digelar

Ia menambahkan, penyelenggaraan IFF 2021 juga didukung penuh oleh Orbit Venture Indonesia dalam mempromosikan startup Koperasi dan UMKM agar terkoneksi dengan investor internasional serta menjadi startup kelas dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)