Resep UMKM Mukena Zianisa Dongkrak Penjualan Hingga 40 Persen Saat Pandemi

Selasa, 14 Desember 2021 - 23:36 WIB
loading...
Resep UMKM Mukena Zianisa Dongkrak Penjualan Hingga 40 Persen Saat Pandemi
Bisnis Mukena Zianisa bertahan di tengah pandemi dan berhasil mendongkrak penjualan 40%. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor paling terdampak pandemi virus Corona (Covid-19). Tak sedikit UMKM yang gulung tikar dan terpaksa merumahkan para pekerjanya. Meski demikian, masih ada peluang bagi pelaku UMKM untuk bertahan dan berkembang di era kenormalan baru.

Salah satu UMKM yang berhasil survive dari badai pandemi adalah Mukena Zianisa. Brand Manager Mukena Zianisa Dyah Amalia mengatakan, pihaknya terus menggali berbagai potensi untuk berjuang pada kondisi sulit ini.

“Kami berupaya untuk tidak mengurangi jumlah tenaga kerja. Bahkan terpacu untuk bisa mempertahankan usaha lokal ini,” ujarnya dalam keterangan pers, dikutip Selasa (14/12/2021).



Menurut Dyah, pelaku UMKM harus lincah beradaptasi dengan kondisi saat ini. Contohnya dalam hal pemasaran dan penjualan produk yang dulunya terfokus kepada pada jualan konvensional (offline), kini harus bisa beralih dan mengadopsi penjualan secara daring (online). “Seiring meningkatnya digitalisasi, e-commerce menjadi peluang yang paling menjanjikan saat ini,” ungkapnya.

Dyah mengakui, memaksimalkan layanan yang ditawarkan platform e-commerce bukanlah hal yang mudah. Upaya kerja sama mendidik UMKM dalam menggunakan layanan digital masih menjadi tantangan. Padahal, membangun kerja sama antara UMKM dengan para relation manager e-commerce menjadi hal yang paling dibutuhkan.

Melalui kemitraan dengan beberapa platform e-commerce, kata Dyah, sumber daya manusia (SDM) atau pekerja di Mukena Zianisa berkesempatan mendapatkan beberapa pelatihan dari pihak e-commerce tersebut.

"Pengaplikasian pelatihan yang diterima dari pihak e-commerce tersebut adalah wujud dari upaya Mukena Zianisa untuk mengembangkan kemampuan SDM serta memajukan bisnis lokal," ucapnya.



Alhasil, lanjut dia, melalui pelatihan-pelatihan tersebut Mukena Zianisa berhasil mengembangkan SDM yang memiliki keterampilan serta mental yang tangguh di kala pandemi. Adapun pelatihan tersebut baik dari sisi kepemimpinan maupun ilmu pemasaran secara digital dan digelar secara online yang diikuti oleh setiap karyawan yang mumpuni di bidangnya. Dengan demikian, Mukena Zianisa dapat melakukan pengembangan sektor pemasaran secara online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3450 seconds (0.1#10.140)