Ribuan WNI Telantar di Soetta Tunggu Karantina, KKP Bandara: Sudah Kondusif

Senin, 20 Desember 2021 - 16:26 WIB
loading...
Ribuan WNI Telantar di Soetta Tunggu Karantina, KKP Bandara: Sudah Kondusif
Iustrasi penumpang di bandara Soekarno-Hatta. Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Beredar video ribuan warga negara Indonesia (WNI) yang sebagian besar merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) telantar di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) untuk mengantre masuk karantina yang disediakan pemerintah di sejumlah wisma.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara Soetta Darmawali Handoko mengatakan, situasi dan kondisi di bandara saat ini sudah kondusif dan para TKI tengah menjalani karantina sesuai peraturan pemerintah.

“Jadi untuk yang WNI membludak kemarin itu saat ini sudah kondusif. Kemarin memang sedang persiapan dan semua sudah berjalan normal. Untuk para warga itu yang menunggu memang kami sedang cek kesiapan tempat karantinanya,” kata Darmawali saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Senin (20/12/2021).



Menurut dia, saat ini para TKI tersebut sudah menjalani karantina di sejumlah tempat karantina seperti di Pademangan dan Rusun Nagrak. “Sekarang semuanya sudah masuk ke tempat karantina. Kemarin itu memang sebenarnya kita sudah koordinasi dengan berbagai stakeholders karena beberapa memang full kapasitasnya (tempat karantina), kan sebenarnya kita bedakan ada kriterianya yang harus ke hotel, dan ada yang ke Wisma,” ungkapnya.

Adapun jumlah rata-rata WNI yang masuk bandara Soekarno Hatta dan diwajibkan untuk menjalani karantina sebanyak kurang lebih 1.900 orang. “Kadang kala banyak dari mereka yang bukan TNI atau masuk ke kriteria yang karantina di Wisma, harusnya di hotel misal yang jalan-jalan (berwisata), (tapi) pada mau karantina yang gratis di wisma,” cetusnya.



Ke depan, Kementerian Kesehatan berharap dengan membludaknya tempat karantina, masyarakat diiimbau untuk dapat menunda perjalanan ke luar Negeri di masa pandemi Covid-19.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)