5 Investor Bitcoin Teratas di Dunia, Nomor 4 Paling Terkenal

Senin, 20 Desember 2021 - 18:52 WIB
loading...
5 Investor Bitcoin Teratas di Dunia, Nomor 4 Paling Terkenal
Bitcoin merupakan aset digital berbasis blockchain terbesar, dengan kapitalisasi pasar mencapai USD896,7 miliar. Beberapa pemilik bisnis dan pengusaha kaya telah banyak berinvestasi dalam aset digital ini, berikut daftar 5 teratas. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Bitcoin merupakan aset digital berbasis blockchain terbesar, dengan kapitalisasi pasar mencapai USD896,7 miliar atau senilai Rp12,875 triliun (Kurs Rp14.358/USD) pada Desember 2021. Mata uang kripto yang satu ini sangat populer bagi penggemar cryptocurrency dan investor spekulatif.

Mengutip laman investopedia.com, lonjakan nilai Bitcoin telah memunculkan miliarder baru. Beberapa di antaranya dengan membangun ekosistem dan menciptakan produk terkait mata uang kripto.

Lalu ada juga yang menghadirkan pertukaran dalam memperdagangkan mata uang kripto. Sedangkan lainnya menciptakan token dan juga ada yang memanfaatkan lonjakan dan popularitas Bitcoin.

Beberapa pemilik bisnis dan pengusaha kaya telah banyak berinvestasi dalam aset digital ini. Berikut adalah daftar teratas investor Bitcoin, yang disusun dari laporan keuangan dan media.

1. Barry Silbert

Barry Silbert adalah pendiri dan CEO Digital Currency Group. Perusahaan ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan sistem keuangan global dengan membangun dan mendukung perusahaan bitcoin dan blockchain.

Digital Currency Group telah berinvestasi di lebih dari 165 perusahaan terkait blockchain dan cryptocurrency.

5 Investor Bitcoin Teratas di Dunia, Nomor 4 Paling Terkenal


Portofolio perusahaan termasuk Genesis, penyedia likuiditas yakni entitas yang melakukan pendanaan dengan dengan cryptocurrency untuk pembeli dan penjual cryptocurrency di pasar over-the-counter.

Digital Currency Group juga memiliki Grayscale Investments, yang mengelola Bitcoin Investment Trust (GBTC), sebuah raksasa investasi yang memegang 654.600 bitcoin dan memberi investor eksposur terhadap pergerakan harganya.

2. Micheal Saylor

Co-founder dan CEO perusahaan intelijen bisnis Microstrategy, Micheal Saylor menyakini bahwa cryptocurrency adalah investasi terbesar berikutnya.

5 Investor Bitcoin Teratas di Dunia, Nomor 4 Paling Terkenal


Microstrategy meningkatkan kepemilikan bitcoin pada Desember 2021, membeli 1.434 bitcoin dengan harga sekitar USD84 juta. Perusahaan ini memegang total 122.478 bitcoin.

3. Tyler dan Cameron Winklevoss

Cameron dan Tyler Winklevoss telah mempertaruhkan jutaan uang mereka dalam beberapa mata uang kripto serta bisnis terkait Blockchain.

Si kembar Winklevoss juga pengusaha yang memulai pertukaran mata uang kripto Gemini. Mereka diyakini sebagai yang pertama mencapai status miliarder dengan berinvestasi dalam bitcoin.

5 Investor Bitcoin Teratas di Dunia, Nomor 4 Paling Terkenal


Dilaporkan Winklevoss memegang sekitar 100.000 koin senilai sekitar USD4,8 miliar atau setara Rp68,92 Triliun pada Desember 2021.

Si kembar Winklevoss meluncurkan pertukaran Gemini pada tahun 2015. Perusahaan ini memungkinkan investor untuk membeli, menjual, dan menyimpan aset digital mereka.

Gemini meluncurkan bitcoin futures di Chicago Board Options Exchange (CBOE) pada bulan Desember 2017.

Selain bitcoin, Tyler dan Cameron bersaudara juga banyak menaruh investasi dalam ethereum, meskipun mereka belum mengungkapkan kepemilikannya seberapa besar.

4. Elon Musk

Elon Musk menjadi salah satu yang paling dikenal sebagai investor Bitcoin. CEO dan salah satu pendiri Tesla itu terus membangun mobil listrik dan beberapa produk energi bersih.

Sebagai perusahaan inovatif yang berdiri di garis depan teknologi, Elon Musk dikenal sebagai penggemar mata uang kripto. Tesla telah membeli bitcoin senilai USD1,5 miliar pada tahun 2021 dan bersiap menerimanya sebagai bentuk pembayaran.

5 Investor Bitcoin Teratas di Dunia, Nomor 4 Paling Terkenal


Elon Musk belum lama ini dinobatkan sebagai "Person of the Year" majalah Time untuk tahun 2021 , tahun di mana perusahaan mobil listriknya menjadi pembuat mobil paling berharga di dunia dan perusahaan roketnya terbang ke angkasa dengan kru yang semuanya berasal dari masyarakat sipil.

Majalah Time menyebut Musk sebagai "pria yang bercita-cita untuk menyelamatkan planet kita dan membuat kita memiliki planet baru untuk dihuni." Edward Felsenthal, pemimpin redaksi Time, menulis bahwa Person of the Year menyoroti orang-orang yang berpengaruh.

5. Michael Novogratz

Michael Novogratz adalah mantan manajer hedge fund di Fortress Investment Group dan mitra di Goldman Sachs. Ia juga sering menjadi komentator tentang gejolak harga bitcoin.

Dia merupakan pendiri, CEO, dan ketua Galaxy Digital Holdings, broker-dealer yang menawarkan berbagai layanan aset terkait blockchain.

5 Investor Bitcoin Teratas di Dunia, Nomor 4 Paling Terkenal


Galaxy Digital fokus pada aset digital. Pada kuartal ketiga 2021, ia membeli perusahaan terkait token non-fungible (NFT) senilai USD62 juta. NFT adalah aset digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk identifikasi keamanan dan kepemilikan.

Mereka menjadi populer pada tahun 2021 setelah seni digital yang dijamin oleh teknologi NFT mulai dijual seharga jutaan dolar.

Galaxy melaporkan memiliki USD1,9 miliar dalam bentuk cryptocurrency yang tercantum dalam laporan keuangan kuartal ketiga. Di mana senilai USD608,5 juta disimpan dalam dana terkelola dan USD159,6 juta dipegang untuk kepentingan Mitra Umum.

Kemungkinan perusahaan memegang sekitar USD768,1 juta dalam bentuk Bitcoin pada laporan kuartal ketiga 2021.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)