Transformasi Teknologi Jadi Kunci Korporasi di Tengah Ketidakpastian

Selasa, 21 Desember 2021 - 14:45 WIB
loading...
Transformasi Teknologi Jadi Kunci Korporasi di Tengah Ketidakpastian
Bramantyo Djohanputro, Ketua PPM School of Management. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Transformasi teknologi merupakan sebuah keharusan yang harus disongsong oleh dunia usaha. Apalagi di tengah era pandemi yang mengakibatkan munculnya berbagai ketidakpastian.

"Saat ini kita sedang berada dalam gelombang VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity), yang menjadikan transformasi menjadi kata kunci untuk korporasi terus bisa tumbuh dan berkembang," kata Bramantyo Djohanputro, Ketua PPM School of Management, saat webinar dengan tema "Leadership Transformation in Technology, Milenial and Pandemic Disruption", dikutip Selasa (21/12/2021).



Bramantyo menambahkan saat ini green economy, blue economy, sustainable development goals, social economy, tengah menjadi pembicaraan, termasuk di Indonesia. Semua perilaku ekonomi itu berinteraksi dan harus menyatu dalam keputusan manajemen korporasi, sehingga korporasi tidak sekedar tumbuh, tapi juga sustain.

Dalam situasi seperti sekarang ini, lanjut Bramantyo, transformasi menjadi kata kunci. Upaya untuk mempertahankan organisasi tetap agile dan resilience dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis tidak selalu mudah.

Perkembangan teknologi digital yang sangat cepat, perubahan perilaku serta preferensi pasar akibat pergeseran customer ke kalangan millenial, dan ancaman akibat pandemi, telah memberikan tantangan kepada setiap sektor bisnis maupun sektor pemerintahan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Kondisi ini menempatkan berbagai sektor tersebut dalam situasi yang yang rawan terdampak disrupsi oleh faktor-faktor di atas, sehingga memaksa setiap organisasi harus terus bertansformasi ke arah model bisnis yang adaptif dan agile dengan tren perubahan dan tantangan yang ada,” ungkap Bramantyo.

Sementara itu, Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia/KBI (Persero) mengatakan, transformasi yang dijalankan perusahaannya turut menyiapkan sumber daya manusia yang mampu dan unggul untuk mengisi pos kepemimpinan korporasi di masa mendatang.

"Dalam hal transformasi SDM, KBI sendiri juga tengah menjalankan leadership development program, yaitu program yang didesain khusus untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul serta agile serta memiliki digital mindset,” kata Fajar.



Webinar Leadership Transformation in Technology, Milenial and Pandemic Disruption diselenggarakan PPM School of Management bersama dengan KBI Educentre yang merupakan bagian dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Pesero).

Webinar ini menyajikan berbagai pengalaman dari sejumlah narasumber yang kompeten. Webinar itu juga mengacu pada lima praktik kepemimpinan, yakni model the way, inspire a shared vision, challenge the process, enable others to act, dan encourage the heart.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)