Jokowi Tawarkan Kader Muda NU Ikut Kelola Tambang RI

Rabu, 22 Desember 2021 - 14:30 WIB
loading...
Jokowi Tawarkan Kader Muda NU Ikut Kelola Tambang RI
Presiden Jokowi membuka Muktamar NU ke-34 di Lampung. FOTO/ANTARA Photo
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan salah satu permasalahan ekonomi umat adalah pemerataan. Meskipun pemerataan kesejahteraan bukan hal yang mudah.

“Memang kita harus berbicara apa adanya pemerataan bukan sebuah hal yang gampang untuk dilakukan,” katanya saat membuka Muktamar ke-34 NU di Lampung, Rabu (22/12/2021).



Namun begitu dia yakin bahwa saat ini anak-anak muda menjadi kekuatan besar di NU. Menurutnya banyak anak-anak muda maupun santri-santri yang pintar dan jebolan universitas besar dari seluruh dunia.

“Apabila ini bisa dirajut dalam sebuah kekuatan lokomotif saya meyakini ini bisa menarik gerbong-gerbong yang ada di bawah untuk bersama-sama dalam rangka mensejahterakan kita semuanya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa anak-anak muda NU bisa dibuatkan wadah baik sebuah PT maupun kelompok usaha. Jokowi berjanji akan menyiapkan konsesi atau hak pengelolaan tanah.

“Kalau siap saya menyiapkan konsesi. Baik itu yang namanya konsesi terserah mau dipakai untuk lahan pertanian silahkan,” ujarnya.

Bahkan Jokowi tengah menyiapkan konsesi untuk minerba. “Saya juga ingin menyiapkan konsesi Minerba. Yang pengen bergerak di usaha-usaha nikel misalnya, usaha usaha batubara, usaha-usaha Bauksit, usaha-usaha copper, usaha tembaga silahkan,” ungkapnya.



Namun dia menekankan bahwa hal ini harus dilakukan dalam kelompok usaha besar agar bisa menarik kelompok masyarakat lainnya. Dengan begitu pemerintah bisa tercapai.

“Tetapi sekali lagi ini dalam kelompok usaha besar. Sehingga bisa menggeret, mengajak gerbong-gerbong yang lainnya untuk ikut menikmati. Ini memerlukan sebuah kerja besar tetapi saya melihat potensi di Nahdlatul Ulama itu ada, tinggal merajutnya,” pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)