Setop Ekspor Bauksit, Jokowi: Kita Tidak Lagi Jual Bahan Mentah!

Senin, 27 Desember 2021 - 19:43 WIB
loading...
Setop Ekspor Bauksit, Jokowi: Kita Tidak Lagi Jual Bahan Mentah!
Presiden Jokowi menegaskan bahwa ekspor bahan mentah akan disetop secara bertahap. Tahun 2023 akan ada ekspor minerba yang akan dihentikan setelah bauksit. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa mulai tahun depan ekspor bauksit akan dihentikan secara bertahap. Pasalnya selama menjual bahan mentah, negara tidak memperoleh nilai tambah sesuai yang diharapkan.

"Tahun depan mulai pemanasan, kita setop ekspor bahan mentah bauksit. Tahun depannya lagi, kita stop minerba yang lain," tegas Jokowi, di Jakarta, Senin (27/12/2021).



Dia mengatakan, penghentian ekspor bahan mentah bauksit dilakukan secara bertahap. Seperti diketahui, saat ini pemerintah telah menghentikan ekspor nikel mentah.

Jokowi optimistis, dengan penyetopan ekspor bahan mentah akan membuat industri di dalam negeri berkembang sangat cepat. Selain itu, Jokowi yakin, hilirisasi akan berkembang sangat cepat.



"Tidak ada pilihan lagi, karena membeli bahan mentah di kita sudah tidak bisa lagi. Artinya, mau tidak mau harus mendirikan industri di Tanah Air. Sehingga, kita tidak ekspor lagi yang namanya bahan mentah yang sudah berpuluh-puluh tahun kita lakukan tanpa memberikan nilai tambah yang besar kepada negara," tandas Jokowi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)