Pertamina DPPU Hasanuddin Berhasil Raih PROPER Emas

Rabu, 29 Desember 2021 - 15:06 WIB
loading...
Pertamina DPPU Hasanuddin Berhasil Raih PROPER Emas
Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, berhasil meraih penghargaan tertinggi pada bidang ketaatan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Foto: Pertamina
A A A
MAKASSAR - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, berhasil meraih penghargaan tertinggi pada bidang ketaatan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Lewat salah satu wilayah operasinya yakni Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Dengan raihan tersebut, Pertamina Patra Niaga menjadi perusahaan pertama di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan ini. Selain itu, menjadi perusahaan kedua di Sulawesi setelah Pertamina Medco JOB Tomori di Sulawesi Tengah yang meraihnya pada tahun lalu.



Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara reguler setiap tahunnya menggulirkan program pemeringkatan perusahaan (PROPER) berdasarkan kepatuhannya terhadap aspek lingkungan, tidak melakukan pencemaran bahkan mampu melakukan penghematan energi hingga memberikan manfaat serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar melalui program CSR nya.

Peringkat yang diraih mulai dari PROPER Hitam yang berarti suatu perusahaan dilabeli pencemar lingkungan kategori berat, dan terus naik tingkatan kepatuhan lingkungannya apabila ia meraih PROPER Merah (masih terdapat pencemaran) dan Biru (mematuhi semua aspek lingkungan).

Apabila Perusahaan melakukan CSR yang baik terhadap masyarakat sekitar ia berhak mendapatkan predikat PROPER Hijau dan apabila telah diraih selama 3 tahun berturut-turut tanpa putus perusahaan tersebut berhak dicalonkan sebagai kandidat PROPER Emas.

Penghargaan itu merupakan tertinggi yang diberikan terhadap perusahaan yang tak hanya patuh terhadap lingkungan, namun melalui inovasi sosialnya mampu memberikan nilai tambah signifikan terhadap masyarakat.

Penilaian dilakukan secara independen oleh Dewan PROPER terdiri dari pakar yang mewakili beberapa unsur yakni Pers, Akademisi, Pemerhati Lingkungan Perempuan dan Anak, serta Kebijakan Publik dan Konsumen.

Penghargaan PROPER Emas Tahun 2021 hanya diberikan kepada 47 Perusahaan di Indonesia, salah satunya adalah DPPU Hasanuddin yang merupakan perusahaan pertama di Sulawesi yang berhasil meraih penghargaan tertinggi tersebut. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dan diterima oleh Operation Head DPPU Hasanuddin Yudho Wibowo di Istana Wakil Presiden, Selasa (28/12/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)