Mantap! Bantalan Rel Pertama Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dipasang

Kamis, 30 Desember 2021 - 10:26 WIB
loading...
Mantap! Bantalan Rel Pertama Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dipasang
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan, progres Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang terus berlanjut dengan pemasangan slab track atau bantalan rel beton pertama. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan, progres Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang terus berlanjut dengan pemasangan slab track atau bantalan rel beton pertama pada proyek KCJB.

Presiden Direktur KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pemasangan slab track sebagai langkah awal untuk pengerjaan track laying di sepanjang trase KCJB dan Pemasangan slab track pertama ini telah dilakukan di DK 32 arah Jakarta ke Bandung pada Rabu (29/12/2021).

“Saat ini sudah memasuki tahap pemasangan slab track atau bantalan rel untuk lintasan KCJB pertama di DK 32 arah Jakarta ke Bandung. Pemasangan slab track ini adalah salah satu milestone atau pencapaian besar bagi kami jelang penutupan tahun 2021.” Kata Presiden Direktur KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Baca Juga: Regulasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Rampung Awal Tahun 2022

Dwiyana Slamet mengatakan, pemasangan bantalan rel beton ini dilakukan oleh Sinohydro Bureau 8 Co Ltd yang merupakan salah satu kontraktor proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

“Pemasangan slab track KCJB akan dibagi ke dalam tiga seksi. Seksi 1 dari DK2 + 540 sampai DK 4 + 425, Seksi 2 dari DK 95 + 600 sampai DK 99 + 470 dan Seksi 3 dari DK 97 + 365 sampai DK 99 + 470. Seksi 1 dikerjakan oleh Sinohydro,” paparnya.

Ke depan, seluruh section akan dikerjakan serentak sebagai upaya percepatan pembangunan sampai seluruh slab track tersambung. Baca Juga: Bangun Ulang Tiang yang Roboh, KCIC Beberkan Progres Kereta Cepat Hampir 80%

“Pengerjaan slab track dibagi ke dalam tiga section yang dikerjakan secara serentak. Nantinya, slab track yang merupakan bagian dari ballastless track akan sambung menyambung dengan ballasted track hingga menjadi kesatuan trase KCJB," terangnya.

Mantap! Bantalan Rel Pertama Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dipasang


Untuk memenuhi seluruh kebutuhan lintasan KCJB yang membentang hingga 142,3 km ini, akan ada 15.390 bantalan rel yang merupakan bagian dari ballastless track, yaitu sistem lintasan tanpa batuan ballast di sekitarnya.

“Keunggulan slab track adalah memiliki stabilitas yang tinggi untuk memastikan standar kekuatan dan keamanan KCJB yang berakselerasi hingga kecepatan 350 km/jam. Bantalan yang digunakan KCJB diyakini mampu meneruskan beban dari atas secara merata. Slab track juga,” pungkasnya.

Mantap! Bantalan Rel Pertama Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dipasang
(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2890 seconds (11.210#12.26)