Selain Lebih Dekat, Ini Keuntungan Belanja di Pasar Rakyat

Rabu, 12 Januari 2022 - 16:10 WIB
loading...
Selain Lebih Dekat, Ini Keuntungan Belanja di Pasar Rakyat
(Foto: Instagram/@freshmarket.bintaro)
A A A
JAKARTA - Pasar tradisional atau biasa disebut dengan pasar rakyat menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang menjadi andalan masyarakat. Variasi barang yang begitu lengkap, menjadi alasan untuk berbelanja di pasar rakyat, apalagi biasanya pasar rakyat ini berada dekat dengan kawasan tempat tinggal. Tentu, hal ini dapat menguntungkan Anda untuk mempersingkat waktu di perjalanan.

Salah satu kelebihan lainnya berbelanja di pasar rakyat ialah bisa mendapatkan bahan masakan yang lebih segar, seperti buah dan sayuran. Hal ini karena para pedagang biasanya membeli langsung dari supplier ataupun petani yang baru panen. Begitu pun dengan ikan dan daging ayam maupun hewan lainnya yang biasanya baru dipotong ataupun ditangkap dan tidak disimpan dalam ruang berpendingin.

Anda juga bisa bertukar informasi dengan para pedagang mengenai harga barang yang tengah melonjak dan turun saat berbelanja di pasar rakyat. Ada pula pedagang yang mengajak bersendagurau para pembelinya. Bahkan, tak sedikit yang akhirnya menjadi langganan dan diberikan harga istimewa. Hal ini bisa menjadi salah satu ruang untuk belajar bersosialisasi.

Tidak hanya itu, masih banyak hal menguntungkan lainnya saat berbelanja di pasar rakyat, di antaranya berikut ini.

1. Merasakan serunya belanja di pagi hari
Adanya pendistribusian barang saat dini hari membuat pasar rakyat dibuka lebih pagi, seperti Pasar Muara Karang yang sudah buka sejak pukul 04.30 WIB. Dengan jam buka yang lebih awal dari pusat perbelanjaan lainnya, Anda bisa memilih sayur, buah, dan daging yang baru tiba dari petani, nelayan ataupun distributor.

Kondisi ini memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak pilihan pangan yang segar. Apalagi, pengunjung pasar juga biasanya lebih sepi saat baru dibuka, sehingga Anda lebih mudah untuk bergerak tanpa perlu berdesak-desakan atau mengantre kendaraan di tengah kemacetan lalu lintas menjelang lokasi pasar.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati segarnya udara pagi. Tentunya membiasakan diri dengan rutinitas ini akan membuat tubuh lebih segar dan sehat. Biasanya, aktivitas di Pasar Muara Karang mulai terlihat ramai pengunjung sekitar pukul 05.30 WIB dan bertahan hingga siang hari.

2. Lebih murah
Di pasar rakyat, Anda bisa mendapatkan barang segar dengan harga yang lebih murah. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pada harga sewa kios serta jalur distribusi produk. Tentu saja di pasar rakyat, harga menjadi lebih terjangkau. Belum lagi, tradisi tawar menawar yang dapat membuat harga menjadi lebih sesuai dengan kemampuan. Dengan begitu, pengeluaran Anda pun menjadi lebih terkontrol kan?

Yostin menjadi salah satu pedagang yang sudah cukup lama membuka kios di Pasar Muara Karang. Sudah hampir 10 tahun Ia berjualan berbagai variasi makanan ringan, bumbu makanan, dan busana. Dia merasa nyaman berjualan di pasar ini karena setiap hari ia mendapatkan pengunjung yang berbeda-beda. Mereka datang tidak hanya dari Jakarta Utara, tapi juga dari beberapa wilayah di kawasan Jabodetabek.

Sebagai gambaran saja, Yostin masih menyediakan bumbu makanan dengan harga sesuai kebutuhan pelanggan secara eceran, mulai dari Rp5 ribu. Ia pun memastikan, bagi pelanggan yang ingin mendapatkan harga lebih murah, jangan sungkan untuk langsung menawar saat di toko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)