Luhut Turun Tangan, Kontruksi Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikebut

Kamis, 13 Januari 2022 - 20:47 WIB
loading...
Luhut Turun Tangan, Kontruksi Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikebut
Menko Luhut Binsar Pandjaitan melihat langsung, bahwa pengerjaan kontruksi tunnel 2 dalam proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) berjalan baik yang disebut-sebut sebagai bagian tersulit. Foto/Dok
A A A
PURWAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) RI, Luhut Binsar Pandjaitan melihat langsung, bahwa pengerjaan kontruksi tunnel 2 dalam proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) berjalan baik. Kontruksi tunnel 2 disebut-sebut sebagai bagian tersulit dalam proyek KCJB.

Pasalnya, terowongan tersebut dibangun di bawah tanah yang labil. Hingga Desember 2021, pengerjaan tunnel sepanjang 1.052 meter ini sudah mencapai 67%.

Baca Juga: Kantongi Dana PMN Rp6,9 Triliun, KAI Geber Lagi Proyek KRL dan Kereta Cepat

Guna memastikan keamanan sekaligus progress pembangunan proyek KCJB, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) RI, Luhut Binsar Pandjaitan pun turun langsung meninjau pengerjaan terowongan yang berlokasi di Kampung Tegalnangklak, Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta itu.

Dalam kunjungannya Rabu (12/1/2022) kemarin, Menko Luhut Binsar Pandjaitan mendengarkan paparan dari kontraktor Tunnel 2 mengenai progress pengerjaan terowongan, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang sedang dilakukan. Luhut pun meninjau langsung ke dalam terowongan untuk melihat kondisi yang terjadi di lapangan.

Usai melakukan peninjauan, Luhut menyebut jika penanganan pembangunan tunnel 2 berjalan sangat baik. Meski terdapat tantangan geografis, hal itu bisa tertangani dengan baik berkat adanya kolaborasi dari berbagai pihak. Luhut juga memastikan jika Tunnel 2 ini aman untuk dilintasi.

"Tunnel 2 ini memang memiliki tantangannya tersendiri. Dari awal sudah kita ketahui jika struktur tanahnya labil, namun kondisi sekarang sudah lebih baik dan bisa ditangani," kata Luhut dalam keterangan resmi, Kamis (13/1/2021).

Baca Juga: Tuntaskan Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, KCIC Datangkan 33 TKA China

Presiden Direktur PT PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, kehadiran Luhut beserta jajaran Kemenkomarves dan Forkopimda Kabupaten Purwakarta dinilai jadi suatu dukungan besar bagi tim KCJB yang sedang dalam proses menyelesaikan pembangunan tunnel 2 yang merupakan salah satu titik kritis konstruksi.

"Pak Menko Marvest melihat langsung pengerjaan konstruksi di tunnel 2 dan memastikan pengerjaan konstruksi dapat berjalan lancar, termasuk soal keamanan dan transfer knowledge yang terjadi selama pengerjaan konstruksi berlangsung. Kami sangat senang tentunya karena kehadiran beliau adalah suatu bentuk dukungan bagi kami yang saat ini sedang melakukan percepatan pembangunan," tutur Dwiyana.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2767 seconds (11.252#12.26)