Menko Airlangga Janjikan Bonus Bagi Pemda Zona Hijau

Rabu, 10 Juni 2020 - 23:08 WIB
loading...
Menko Airlangga Janjikan Bonus Bagi Pemda Zona Hijau
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif untuk pemerintah daerah (Pemda) yang kawasannya masuk zona hijau. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah tengah menyusun wilayah mana saja yang akan masuk dalam zona hijau, sebagai indikator dalam membuka sektor perdagangan. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif untuk pemerintah daerah (Pemda) yang kawasannya masuk zona hijau.

Hal ini dilakukan untuk mendorong agar seluruh daerah menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak ada gelombang II Corona. Adapun sesuai data BNBP sebanyak 132 daerah yang hijau.

"Kemarin sudah rapat dengan Gugus Tugas dan Pemerintah Daerah, pemerintah akan memberikan bonus bagi daerah-daerah yang masuk di (zona) kuning atau hijau sehingga ini menjadi insentif agar seluruh protokol ini dilaksanakan dan tidak menimbulkan secondary wave," kata Airlangga di Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Dia meminta agar dunia usaha juga harus menerapakan standar operasional (sop) untuk meningkatkan protokol kesehatan. Adapun pihaknya bekerjasama dengan TNI dan Polri agar mencegah adanya gelombang kedua virus corona. "Jaga jarak yang penting dan pakai masker itu yang paling penting," imbuhnya

Lebih lanjut Airlangga juga mengungkapkan tengah menyiapkan langkah dalam meredam adanya pemutusan hubungan kerja (PHK). Adapun, kartu prakerja akan dibuat secara praktis dan mudah. "Jadi kita ada program kartu prakerja, nanti masih kita susun pelatihannya untuk meredam pengangguran Indonesia," tukasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)