Mantan Menteri Ini Ramal Banyak Perusahaan Migas AS Bakal Hengkang dari RI, Ini Alasannya

Sabtu, 15 Januari 2022 - 20:45 WIB
loading...
Mantan Menteri Ini Ramal Banyak Perusahaan Migas AS Bakal Hengkang dari RI, Ini Alasannya
Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar memprediksi tahun ini akan banyak perusahaan minyak dan gas bumi (migas) Amerika Serikat (AS) yang hengkang dari Indonesia. Pasalnya, aksi meger dan akusisi perusahaan migas dunia akan banyak terjadi di 2022.

"Akan banyak merger dan akuisisi di 2022 dan adanya eksplorasi kontinu," kata dia dalam PGN Energy and Economic Outlook 2022, dikutip Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Sedotan Migas Merosot di 2021, Ini Rinciannya!

Dia menyebut faktor yang membuat perusahaan tersebut melakukan merger dan akuisisi adalah aset konsolidasi. "Sehingga banyak aset yang dijual, on sale tidak hanya di Indonesia, tapi negara lain," jelasnya.

Upaya konsolidasi ini, lanjut Arcandra, dilakukan karena AS ingin merambah ke bisnis yang lebih ramah lingkungan. Perusahaan seperti Exxon Mobile, Chevron, ConocoPhilips akan memulai merambah ke bisnis berbasis energi terbarukan.

Terlebih lagi, pendanaan investasi untuk proyek yang berbasiskan bahan bakar fosil sudah mulai sulit didapat. Selain itu, negara-negara juga sedang fokus membayar utang dan dividen yang lebih tinggi. "Di Eropa, strateginya lebih ke diversifikasi usaha, sementara Amerika lebih ke dekarbonisasi," terang Arcandra.



Baca juga: Sayonara Batu Bara, 23 Negara Sepakat Tinggalkan Emas Hitam Ini

Sebagai catatan, pemerintah Indonesia sendiri tengah gencar menggodok program kerja yang mendorong pengurangan emisi karbon. Hal ini dilakukan demi mengejar target penurunan emisi 29% pada 2030 mendatang dan Net Zero Emission pada 2060.

Menurut Arcandra, ada energi yang bisa mempercepat target-target tersebut, yaitu gas bumi. Energi ini harus dioptimalkan pemanfaatannya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2300 seconds (11.210#12.26)