Ekonomi negara bukan lari sprint

Kamis, 12 Juli 2012 - 18:45 WIB
Ekonomi negara bukan lari sprint
Ekonomi negara bukan lari sprint
A A A
Sindonews.com - Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati menilai pertumbuhan ekonomi negara bukan masalah jangka pendek yang bisa dihitung dalam satu-dua tahun bahkan satu periode pemerintah. Akan tetapi, hal tersebut harus dilihat dalam jangka panjang. Apalagi dengan melihat gejolak ekonomi dunia yang tengah berlangsung diprediksi berlangsung lama.

"Karena potensi gejolak ekonomi dunia akan berlangsung lama, maka daya tahan ini harus tetap dijaga," tuturnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/7/2012).

Bahkan, lanjut mantan Menteri Keuangan RI ini, resesi di Eropa bukan hanya sekedar ancaman lagi, tapi sudah dipastikan terjadi dan pertumbuhan negatif pun tengah berlangsung. Maka dari itu, dirinya menyarankan agar jangan menganggap saat ini ekonomi Indonesia diibaratkan dengan lari sprint, melainkan lari maraton.

"Karena ini bukan lari sprint, tapi lari maraton. Kita sudah lewat tahun 2008-2009 selamat, tapi kita tidak lari 100 meter, 200 meter, jadi kita bicara maraton. Dan kalau bicara long term, maka kita bicara quality dan equality, itu termasuk di dalamnya proteksi masyarakat miskin dan penciptaan kesempatan kerja," paparnya.

Selain itu, dirinya menambahkan Indonesia perlu membangun aturan yang rapuh terhadap commodity price. Karena dia memastikan harga dunia tidak akan ada yang bisa mengontrol, apalagi jika terjadi perperangan. Hal tersebut juga akan menjaga perekonomian dalam jangka panjang dan menjauhkan Indonesia dari objek spekulasi dan persepsi.

"Ini yang menjadi tantangan apakah dari pengeluaran pemerintah, kebijakan subsidi, investasi di SDM," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0964 seconds (0.1#10.140)