Ajak Masyarakat Belanja di UMKM, Komunitas Usaha Binaan Airlangga Borong Jajanan PKL

Minggu, 16 Januari 2022 - 18:43 WIB
loading...
Ajak Masyarakat Belanja di UMKM, Komunitas Usaha Binaan Airlangga Borong Jajanan PKL
Ajak masyarakat belanja di UMKM, Komunitas Binaan Airlangga Hartarto borong dagangan belasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta. Foto/Dok
A A A
YOGYAKARTA - Ajak masyarakat belanja di UMKM, Komunitas Binaan Airlangga Hartarto borong dagangan belasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta . Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kampanye mengajak masyarakat untuk belanja di UMKM.

Koordinator Relawan UMKM usAHA Kota Yogyakarta, Ahmad Aji (23) mengatakan, timnya tak ingin pilih kasih dalam memborong dagangan UMKM, sehingga semua pedagang yang berjualan di Lapangan Karang, hari itu diborong dagangannya dan dibagikan pada masyarakat.

"Iya, ini kami borong 12 dagangan UMKM yang ada di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta. Karena UMKM-nya ada banyak, jadi kami borong satu area ini ," jelas Aji, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Kembangkan UMKM, Pemda Bisa Buat Merek Kolektif

UMKM usAHA memilih Lapangan Karang karena lokasinya yang strategis, dan banyak masyarakat yang berlalu-lalang di area tersebut. "Biasanya kalau dagangan UMKM habis diborong itu kami bagikan ke masyarakat sekitar. Nah, di Lapangan Karang kan banyak masyarakat yang abis olahraga atau sekadar duduk-duduk, jadi mereka bisa berkegiatan dan dapat jajanan gratis," kata Aji.

Setelah Lapangan Karang, tim UMKM usAHA melanjutkan kegiatan serupa di Jl. Veteran, Mujamuju. Kota Yogyakarta menjadi kota terakhir dalam rangkaian tour UMKM usAHA On The Road. Sebelumnya team UMKM usAHA telah menyambangi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Solo.



"Yogyakarta jadi kota penutup untuk tour kali ini. Tapi kegiatan ini kami harap akan dapat dilanjutkan di Kota-kota lain," tutur Aji.

Di sisi lain, Subianto (35), pedagang jajanan crepes di Lapangan Karang merasa kaget karena dagangannya diborong hingga habis. Ia bahkan mengira awalnya kalau tim UMKM usAHA hanya bercanda. Subianto kemudian merasa terharu saat tim meyakinkan dirinya.

Baca Juga: Harum! 150 Kontainer Sabun Lokal Tembus Pasar Ekspor Afrika dan Timur Tengah
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2128 seconds (10.55#12.26)