Harga Minyak Goreng Dijual Rp14.000/Liter Mulai Hari Ini, Di Sini Tempat Belinya

Rabu, 19 Januari 2022 - 04:44 WIB
loading...
Harga Minyak Goreng Dijual Rp14.000/Liter Mulai Hari Ini, Di Sini Tempat Belinya
Harga minyak goreng kemasan mulai hari ini, Rabu (19 Januari 2022) dijual satu harga yakni Rp14.000 per liter yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Namun hanya ada di ritel modern untuk tahap awal, di sini tempat belinya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Harga minyak goreng kemasan mulai hari ini, Rabu (19 Januari 2022) dijual satu harga yakni Rp14.000 per liter yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Dalam kebijakan ini, minyak goreng kemasan premium maupun kemasan sederhana akan dijual dengan harga setara.

Baca Juga: Pemerintah Optimalkan Ketersediaan dan Keterjangkauan Harga Minyak Goreng

Artinya, semua jenis kemasan baik kualitas premium maupun sederhana dengan ukuran mulai dari 1 liter sampai dengan 25 liter diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan usaha kecil dijual dengan harga sama.

Namun perlu diingat, pada tahap awal minyak goreng dengan harga Rp14.000 per liter hanya ada di supermarket atau ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) . Untuk mendapatkannya, ibu-ibu bisa mendapatkannya di beberapa ritel modern yang menjadi anggota Aprindo yang di antaranya:

1.Toserba Yogya
2.Carrefour
3.Transmart
4.Alfamart
5.Alfamidi
6.Asia Toserba
7.FamilyMart
8.Giantekstra
9.Hero
10.Indomaret
11.Indogrosir
12.Superindo
13.Lottemart
14.Hypermart
15.Tiptop
16.Tomang Tol Pasar Sawlayan

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tidak membeli minyak goreng subsidi ini secara berlebihan. Artinya sesuai dengan kebutuhan dan tetap memikirkan kebutuhan orang lain.



Diterangkan juga pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), telah menyiapkan dana sebesar Rp 7,6 triliun yang akan digunakan untuk membiayai penyediaan minyak goreng kemasan bagi masyarakat. Lalu guna menjaga pasokan, bakal diguyur 250 juta liter per bulan atau 1,5 miliar liter selama 6 bulan.

Baca Juga: Kemendag Tampik Dugaan Kartel Minyak Goreng

Kebijakan minyak goreng satu harga merupakan upaya lanjutan pemerintah untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau. Dijelaskan juga oleh Mendag, kebijakan ini telah disosialisasikan kepada semua produsen minyak goreng dan ritel modern, dan pada prinsipnya baik produsen maupun ritel modern mendukung kebijakan pemerintah untuk menstabilkan harga minyak goreng.

Sampai dengan saat ini, sebanyak 34 produsen minyak goreng telah menyampaikan komitmennya untuk berpartisipasi dalam penyediaan minyak goreng kemasan dengan satu harga bagi masyarakat.

(akr)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.8374 seconds (10.177#12.26)