Beli Surat Berharga Negara Kini Bisa lewat Aplikasi, Caranya Gampang

Jum'at, 21 Januari 2022 - 20:55 WIB
loading...
Beli Surat Berharga Negara Kini Bisa lewat Aplikasi, Caranya Gampang
Untuk bisa membelinya, para pengguna cukup mengklik icon atau banner ?Surat Berharga Negara (SBN)? di homepage aplikasi maupun website Bibit. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mengawali tahun 2022, Bibit yang merupakan aplikasi reksa dana untuk pemula, secara resmi ditunjuk oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai Mitra Distribusi penjualan Surat Berharga Negara (SBN) .

Baca Juga: Bantu Jaga APBN dan Rupiah, BI Sudah Beli SBN Rp137,49 Triliun

Menanggapi hal ini, CEO Bibit, Sigit Kouwagam menyampaikan, apresiasinya kepada Kementerian Keuangan Republik Indonesia serta mengajak para pengguna Bibit dan masyarakat Indonesia secara umum untuk membeli SBN dan berkontribusi untuk perekonomian nasional.

“Dalam momentum pemulihan ekonomi nasional, masyarakat yang membeli SBN secara tidak langsung ikut serta dalam membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Ditunjuknya Bibit sebagai mitra distribusi SBN oleh Kemenkeu merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan dan menjadi motivasi bagi kami untuk mengajak lebih banyak lagi masyarakat dalam berkontribusi untuk negeri,” kata Sigit.

Obligasi Negara Ritel seri ORI021 menjadi SBN Ritel yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini, sekaligus SBN Ritel pertama di tahun 2022 yang dapat dibeli oleh masyarakat di Bibit. Masa penawaran ORI021 akan dimulai pada tanggal 24 Januari 2022 dan berakhir pada 17 Februari 2022. Pembelian/pemesanan minimal untuk ORI021 adalah Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta dengan maksimum Rp2 milyar.

Untuk bisa membelinya, para pengguna cukup mengklik icon atau banner “Surat Berharga Negara (SBN)” di homepage aplikasi maupun website Bibit. Dalam hal ini, Bibit bermitra dengan Stockbit Sekuritas untuk mengelola pencatatan dan penyimpanan Rekening Dana Investor SBN milik investor.

Beli Surat Berharga Negara Kini Bisa lewat Aplikasi, Caranya Gampang


Nantinya, setelah investor melakukan pembayaran untuk transaksi SBN, investor akan menerima bukti transaksi berupa Bukti Penerimaan Negara (BPN). Di dalam BPN, terdapat Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) yang diterbitkan langsung oleh negara serta menjadi bukti kepemilikan SBN yang dibeli.

Terkait dengan keunggulan, selain berkesempatan untuk berkontribusi bagi pembangunan negara, investasi di SBN juga memiliki beberapa keunggulan lain. Pertama, pembayaran kupon dan pokok SBN dijamin 100% oleh negara. Jadi, tidak ada risiko gagal bayar. Sebagai informasi, kupon adalah imbal hasil yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Baca Juga: Sri Mulyani Geber Jualan SBN Ritel, Laris Manis hingga Lampaui Target
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1607 seconds (10.101#12.26)