Kolaborasi Electrum dan Gogoro Realisasikan Ekosistem Motor Listrik

Minggu, 23 Januari 2022 - 13:58 WIB
loading...
Kolaborasi Electrum dan Gogoro Realisasikan Ekosistem Motor Listrik
Pengguna skuter listrik Gogoro Taiwan melakukan penggantian baterai di GoStation. Foto/Kootz
A A A
JAKARTA - Electrum (usaha patungan antara Gojek dan TBS Energi Utama) dan Gogoro (perusahaan teknologi global terdepan) akan bekerja sama untuk memperkuat pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) di Indonesia, khususnya pada kendaraan roda dua dan solusi baterai yang efisien. Kolaborasi itu diwujudkan lewat penandatangan nota kesepahaman (MoU) oleh kedua belah pihak.



Kolaborasi Electrum dan Gogoro diperkuat dengan kemampuan dan pengalaman lintas sektoral dari tiap perusahaan di bidang teknologi serta energi hulu dan hilir. Hal ini sekaligus mendukung rencana pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pemimpin global dalam pengembangan industri kendaraan listrik yang terintegrasi.

Kolaborasi strategis ini juga merupakan penguatan dan kelanjutan kerja sama Gojek dan Gogoro yang telah berlangsung selama ini dalam pelaksanaan uji coba sepeda motor listrik dan baterai swap di Jakarta.

Kerja sama dengan Gogoro merupakan bagian dari langkah nyata Electrum mewujudkan pengembangan ekosistem EV di Indonesia. Bagi Gogoro, kerja sama ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan platform baterai swap yang telah teruji ke pasar Indonesia.

Hingga saat ini, Gogoro telah mengalami pertumbuhan yang pesat dengan berbagai uji coba di Taiwan dan telah memiliki lebih dari 450.000 pengendara, lebih dari 10.000 stasiun pertukaran baterai di 2.300 lokasi, dan lebih dari 250 juta baterai swap.

Sebagai perusahaan teknologi perintis di sektor EV Indonesia, tujuan Electrum adalah untuk mempercepat elektrifikasi transportasi di Indonesia. Untuk mewujudkan tujuan ambisius ini memerlukan penerapan teknologi dan proses bertaraf dunia.



"Sudah menjadi fokus kami untuk terus memberikan solusi transportasi lebih ramah lingkungan ke Indonesia didasari oleh misi kami untuk memelihara lingkungan hidup dan masyarakat yang kami layani, serta berkontribusi pada kemandirian energi dan inisiatif iklim nasional,” kata Pandu Sjahrir, Direktur Utama Electrum dan Wakil Direktur Utama TBS, dalam keterangannya, Minggu (23/1/2022).

Kevin Aluwi sebagai Direktur Electrum dan CEO Gojek mengatakan, kolaborasi itu telah dimulai sejak tahun lalu. Kedua pihak melakukan uji coba komersial ratusan motor listrik di Jakarta Selatan dan telah berjalan dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6609 seconds (0.1#10.140)