Sambut G20, Pemerintah Siapkan Rp2,7 Triliun Poles Taman Mini dan Infrastruktur di 4 Provinsi

Selasa, 25 Januari 2022 - 20:09 WIB
loading...
Sambut G20, Pemerintah Siapkan Rp2,7 Triliun Poles Taman Mini dan Infrastruktur di 4 Provinsi
Suasana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pemerintah mengalokasikan Rp1,13 triliun untuk merenovasi TMII. Foto/Dok SINDOnews/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan dana Rp2,7 triliun untuk merenovasi destinasi dan infrastruktur di sejumlah lokasi yang berkaitan dengan pertemuan G20 dan ajang internasional lainnya.

"Presiden memberi penugasan khusus untuk penyelenggaraan acara internasional," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (25/1/2022).

Menurut Basuki, payung dari penugasan tersebut adalah Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Penyelenggaraan Acara Internasional.

Baca juga: Bangun Ibu Kota Baru di Kalimantan, Kementerian PUPR: Anggarannya Saja Belum Ada

Adapun kegiatan penataan akan dilakukan terutama di empat provinsi yaitu Bali, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari total Rp2,7 triliun, porsi terbesar dialokasikan untuk renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu sebesar Rp1,13 triliun.



Dana tersebut untuk penanganan jalan, penataan gerbang utama, renovasi joglo, renovasi museum, teater Garuda, museum Telkom, hingga Keong Mas.

Baca juga: Di Forum G20, Menhub Ajak Pejabat Pakai Mobil Listrik

Sedangkan untuk persiapan presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali, Kementerian PUPR akan merenovasi kegiatan kawasan hutan mangrove Tahura, Ngurah Rai, perservasi jalan Nusa Dua - Jumbaran - Uluwatu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1780 seconds (10.101#12.26)