Warga Onto tuntut pengadaan listrik

Rabu, 05 September 2012 - 08:00 WIB
Warga Onto tuntut pengadaan listrik
Warga Onto tuntut pengadaan listrik
A A A
Sindonews.com - Puluhan warga asal Kelurahan Onto, Kecamatan Bantaeng, kemarin menggelar aksi di kantor DPRD Bantaeng. Aksi tersebut dilakukan, lantaran rumah milik sekitar 10 Rukun Keluarga (RK) di kelurahan atau sekitar 12 kampung, tidak teraliri listrik.

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) Irfan Hakim, sekitar 35 orang KK, sudah memberikan panjar uang sekitar R2.500 pada tahun 2010, namun hingga saat ini mereka tidak dapat menikmati listrik di rumahnya.

“Padahal pihak Pemkab sering datang ke Kelurahan Onto, dan hanya memberikan janji, namun tidak ada buktinya,” ungkap Irfan.

Sehingga pihaknya mendesak kepada Pemkab dan DPRD Bantaeng, untuk segera merealisasikan listrik (pengadaan kilometer). Selain persoalan listrik, kata Irfan Pemkab juga berjanji akan memperbaiki akses jalan. Namun tidak terealisasi juga. Akibat buruknya jalanan di sana, banyak mobil yang jatuh ke sungai.

“Jika tuntutan kami tidak direalisasikan secepatnya, maka kami akan kembali melakukan aksi yang lebih besar,” tegas Irfan.

Sementara, Ketua DPRD Bantaeng Andi Novrita Langgara yang menerima langsung warga tersebut, pihaknya berjanji akan memfasilitasi hal tersebut dengan Pemkab Bantaeng. “Mengenai listrik, memang sudah ada program dari Pemkab mengenai listrik masuk desa, jadi memang sudah disipakan,” jelas Novrita.

Lebih lanjut, legislator asal Golkar tersebut menyebutkan bahwa, meskipun sudah ada dalam program listrik masuk desa, pihaknya memang tidak bisa langsung memutuskan. Pasalnya, semua program harus melalui pembahasan, dan persiapan.

Beberapa waktu sebelumnya Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah memerintahkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energy Pertambangan (Disperindagtamben) Abdul Gani, terkait pasokan listrik di wilayah Bantaeng.

Kepala Kepala PT PLN (Persero) Ranting Bantaeng Cabang Bulukumba Ansyr Arsyad mengatakan, dari 67 desa dan kelurahan yang ada di Bantaeng masih ada beberapa desa yang belum menikmati listrik. Hingga pertengahan 2012 ini, pihaknya sudah mencatat beberapa desa dan dusun yang melakukan permintaan sambungan listrik baru.

Pihaknya juga sudah mendata desa yang ada di Bantaeng untuk diusulkan ke Cabang Bulukumba, nanti Cabang yang usulkan ke wilayah, dan wilayah usulkan ke pusat. Ada sekitar 500 wilayah yang ada di wilayah kerja Cabang Bulukumba.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6638 seconds (0.1#10.140)