Produk UMKM di Brightspot Market Bikin Teten Kaget: Hampir Tak Percaya Ini Buatan Lokal

Sabtu, 29 Januari 2022 - 18:38 WIB
loading...
Produk UMKM di Brightspot Market Bikin Teten Kaget: Hampir Tak Percaya Ini Buatan Lokal
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki diputa kaget usai melihat produk UMKM yang ditampilkan di Brightspot Market (BrightspotMRKT) 2022 karena kualitasnya yang setara dengan produk impor. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapresiasi, produk UMKM yang ditampilkan di Brightspot Market (BrightspotMRKT) 2022 karena kualitasnya yang setara dengan produk impor.

BrightspotMRKT merupakan festival industri kreatif terkurasi tahunan di Indonesia yang kali ini digelar secara offline di Senayan Park sejak 26 Januari hingga 30 Januari 2022.

“Melihat produk-produk yang ditampilkan di Brightspot saya hampir tidak percaya itu buatan lokal, buatan UMKM. Produknya berkualitas, inovatif dan diminati market dalam dan luar negeri,” kata MenkopUKM Teten di Jakarta, Sabtu (29/1/2022).



Produk yang ditampilkan mencakup makanan, fashion, aparel, kosmetik, parfum, dan lain-lain. Menteri Teten juga optimistis produk-produk dan brand lokal bisa bersaing di pasar dunia.

“Yang perlu disiapkan adalah bagaimana mendukung ekosistem bisnisnya supaya mereka bisa terus meningkatkan kapasitas usaha, mengembangkan inovasi produknya dan menjangkau pasar yang lebih luas,” katanya.

Brightspot Market (BrightspotMRKT) 2022 digelar selama lima hari, pada 26-30 Januari 2022 di Senayan Park, Jakarta. Meski tidak bisa hadir ke lokasi, konsumen tetap bisa berbelanja secara online melalui aplikasi dan situs Brightspot.

Hal ini menjadi wujud kemajuan industri kreatif Indonesia. Dengan melalui online pasar menjadi semakin luas tanpa batas bahkan bisa dari seluruh dunia. Ajang Brightspot Market (BrightspotMRKT) 2022 merupakan acara tahunan yang selama ini dikenal selalu menjadi panggung bagi para pengusaha lokal memperkenalkan produknya.

Brightspot dirintis sejak 2009 dan mengusung brand lokal Indonesia yang dianggap selalu punya potensi untuk dikembangkan. Mengusung tema Convergence, gelaran ini diramaikan oleh sekitar 90-an vendor dari berbagai bidang usaha juga creators yang menyajikan konsel nyata dari metaverse pelaku dan penikmat industri kreatif Indonesia.



Para peserta telah melalui proses ketat dalam kurasi brand, sehingga wajar jika banyak kepercayaan terhadap Brightspot karena juga telah melahirkan banyak brand lokal.

Gelaran ini juga menjadi konsep nyata dari metaverse, di mana pelaku dan penikmat industri kreatif bisa memilih untuk hadir secara langsung (offline) dengan persyaratan sudah melakukan vaksin kedua dan status hijau pada aplikasi Peduli Lindungi atau hadir secara virtual (online) melalui Brightspot Virtual City.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)