2013, Bank Syariah Mandiri siap IPO

Senin, 10 September 2012 - 16:56 WIB
2013, Bank Syariah Mandiri siap IPO
2013, Bank Syariah Mandiri siap IPO
A A A
Sindonews.com - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) mengaku tengah mempersiapkan penawaran saham umum perdana (IPO) di bursa efek Indonesia awal 2013 mendatang.

Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri, Pahala N. Mansury di Plasa Mandiri menjelaskan, upaya yang akan ditempuh pihaknya tersebut setelah perusahaan melihat kondisi keuangan yang telah dianggap baik dan sehat sehingga memungkinkan untuk segera IPO.

"Kita akan mempersiapkan diri untuk IPO di 2013, karena memang butuh waktu untuk bisa merealisasikan tersebut walau kondisi keuangan kita baik dan permodalan di atas 12 persen," terangnya usai media briefing tentang acara Indonesia Investment Forum di Jakarta, Senin (10/9/2012).

Pahala pun berharap, upaya IPO tersebut dapat memperoleh sambutan yang baik dari masyarakat, mengingat kinerja BSM sejak pertama berdirinya yang tergolong mampu menjaga kepercayaan para nasabahnya. "Proses persiapan ini semata agar keuangan menjadi lebih baik sehingga menarik bagi investor di pasar modal," harap Pahala.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Perbankan Syariah BI Edy Setiadi mengatakan BI berharap industri perbankan syariah tidak terburu-buru masuk ke pasar modal melalui mekanisme penawaran saham perdana. BI meminta agar perbankan syariah tetap fokus mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan fasilitas dari induk.

Menurut Edy, bank syariah sebaiknya menahan diri untuk IPO saat masyarakat sudah mengenal bank dan kinerjanya perbankan syariah. Selain itu, jika menyangkut persoalan permodalan, lanjut Edy, bank syariah masih dapat mengoptimalkan suntikan modal dari induk usaha, yang kebanyakan berasal dari bank umum konvensional. Alternatif lain, bank syariah dapat melakukan penjualan sukuk.

Direktur Utama BSM Yuslam Fauzi berpendapat, jika bank sudah matang, bank dapat dilepas secara perlahan. Yuslam sendiri berkeyakinan BSM telah matang dan siap untuk melakukan IPO karena pertumbuhannya yang sangat cepat.

"Yang jelas kalau sudah matang harus dilepas pelan-pelan. BSM sudah matang lah," ujar Yuslam akhir pekan lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5491 seconds (0.1#10.140)