Pemerintah ganti rugi lahan terkena puso

Kamis, 13 September 2012 - 12:15 WIB
Pemerintah ganti rugi lahan terkena puso
Pemerintah ganti rugi lahan terkena puso
A A A
Sindonews.com - Petani akan diberikan dana bantuan sebesar Rp3,7 juta per hektare guna ganti rugi lahan pertaniannya yang terkena puso karena kekeringan yang berkepanjangan.

Pemerintah menjamin dana bantuan tersebut akan langsung disalurkan ke rekening petani atau kelompok tani tanpa ada potongan apapun.

"Jadi itulah yang nanti bisa kita berikan dana bantuan biaya pengolahan tanah Rp2,6 juta dan pupuk Rp1,1 juta," ujar Menteri Pertanian, Suswono di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/9/2012).

Kata Suswono, saat ini sebanyak 23 ribu Hektare (Ha) lahan pertanian telah terkena puso pada tahun ini. Sedangkan sekitar 120 ribu Ha terancam untuk mengalami hal yang serupa.

Pemerintah, menurut Suswono telah mengingatkan para petani untuk tidak menanam padi pada musim ini, karena musim kekeringan sedang mengalami puncaknya pada bulan September ini. "Tapi memang banyak petani yang waktu itu tergiur karena masih ada ujan," jelasnya.

Selain pemberian bantuan tersebut, kata Suswono, pihaknya juga sedang berupaya mengoptimalkan lahan-lahan yang dapat diselamatkan dari puso. Dirinya pun berharap, pada bulan depan musim kekeringan akan segera berakhir. "Ada potensi-potensi air di sana apa dari sungai atau air tanah kita akan optimalkan," tambahnya.

Pemerintah kedepannya juga akan memberikan bantuan traktor, dan pompa air guna membantu petani menggarap lahannya. "Kita uji cobakan di Jawa Tengah dengan 100 traktor. Artinya sudah dilakukan di klaten lalu Purbalingga," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5633 seconds (0.1#10.140)